21 January 2019


Unesa.ac.id, Jombang - Universitas Negeri Surabaya melakukan sosialisasi dan edukasi terkait SN-SBMPTN dan UTBK Unesa. Kegiatan ini menanggapi undangan dari pihak Yayasan Pendidikan Hasyim Asyari Unit Pendidikan Tebuireng dalam Expo Campus 2019.

Sosialisasi disampaikan kurang lebih dua jam selama dua hari pada 19-20 Januari 2019 di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Prof. Dr. Subandi, S.Pd., M.A bersama Tim Humas Unesa mewakili Unesa pada kesempatan ini disambut hangat oleh penyelenggara acara, guru-guru BK dari berbagai sekolah dan ratusan calon pendaftar SN-SBMPTN dan UTBK tahun 2019. Sekolah yang terlibat diantaranya Pondok Pesantren Tebuireng, SMA A. Wahid Hasyim, SMK Khoiriyah Hasyim Tebuireng, MA. Salafiyah Syafi’iyah, dan SMA Trensains Tebuireng.

Prof Subandi, Selaku koordinator SN-SBMPTN dan UTBK Unesa menuturkan, kesempatan ini bukan hanya dimanfaatkan untuk memperkenalkan Unesa kepada para calon mahasiswa tetapi juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pihak sekolah, termasuk di dalamnya para guru khususnya guru BK dan peserta didik mengenai informasi masuk perguruan tinggi secara umum.
“Saat ini pihak sekolahlah yang banyak mencari informasi mengenai SN-SBMPTN dan UTBK, maka dari itu kita diundang,“ ujar Prof. Subandi pada Sabtu, (19/12/2018).

Menurutnya, penting melakukan pembekalan kepada peserta didik mengenai berbagai cara masuk perguruan tinggi dan program studi apa yang tersedia untuk menunjang potensi para calon mahasiswa. Untuk itu dalam kegiatan sosialisasi Prof. Subandi juga memaparkan Fakultas dan program studi apa saja yang ada di Unesa dan berbagai fasilitas penunjang kampus serta berbagai capaian Unesa dalam beberapa waktu terakhir dan yang terpenting adalah pemaparan berapa peluang dan besar peminat prodi-prodi di Unesa sebagai pertimbangan pemilihan.

“Jangan sampai kalian (peserta didik) salah memilih jurusan/program studi. Jika kalian memang minat disana tetapi persaingannya ketat, maka belajarnya perlu ditingkatkan. Tidak ada yang tidak mungkin jika berusaha,“ harapan yang disampaikan Prof. Subandi kepada para peserta didik.

Sosialisi yang dilakukan pihak Unesa diakhiri dengan pemberian cinderamata sebagai ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diterima oleh H. Khusnadi Said, S.H., M.Si selaku Mudir Bidang Pembinaan Lembaga Pendidikan. Prof. Subandi dan Tim humas Unesa juga berharap pemaparan pada kesempatan ini akan banyak membantu dan memberikan banyak manfaat kepada pihak penyelenggara. (Gil/Yud)