23 October 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Dalam rangka memperingati bulan bahasa, Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan Deutsche Woche XXII. Deutsche Woche XXII ialah agenda rutin tahunan yang dilaksanakan selain untuk memperingati bulan bahasa, kegiatan ini juga sebagai ajang mempromosikan Jurusan Bahasa dan Sastra Jerman kepada masyarakat. Serangkaian acara dari Deutsche Woche XXII sendiri meliputi seminar nasional, lomba futsal tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, lomba pembacaan berita, lomba pengetahuan bahasa Jerman, membaca puisi, drama musikal, menulis kreatif, serta story telling.
Seminar Nasional dengan tema “Studieren In Deutschland” dilaksanakan di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat dengan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumini, Dr. Ketut Prasetyo, M.S., Ketua Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman, Drs. Suwarno Imam Samsul, M.Pd., serta Dosen selingkung FBS, (04/10). Seminar yang dipandu oleh moderator Hayyu Khafidlo Fitria ini membahas mengenai kiat-kiat untuk bisa belajar di Negara Jerman dengan narasumber Dipl-Kfr. Maria Juvita, staff Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Studienberatung. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan semakin banyak mahasiswa Unesa yang nantinya bisa belajar di Jerman. Dalam sambutannya, Ketut juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini semoga kedepannya bisa memberikan pengetahuan mengenai belajar di luar Negeri, serta mampu memberikan motivasi kepada kita untuk berani mencoba. “Gak usah takut, kamu bisa, Unesa bisa untuk bangsa” ujarnya
Sementara itu, lomba futsal SMA/SMK/MA se-Jawa Timur dilaksanakan di Gor Internasional Unesa, Kampus Lidah Wetan, tanggal 15 s.d. 17 Oktober. Acara perlomban ini dibuka langsung oleh Drs. Suwarno Imam Samsul, M.Pd. Fariz Falagi, selaku ketua pelaksana menyatakan, kegiatan ini merupakan agenda ke-22. Tahun ini ada 14 sekolah yang tercatat mengikuti perlombaan, diantaranya berasal dari Kota Lamongan, Sidoarjo, dan lainnya. Dalam kegiatan ini, pemenang akan dibagi menjadi 3 kategori yakni juara 1, juara 2, dan juara 3.
Pelaksanaan lomba pembacaan berita, lomba pengetahuan bahasa Jerman, membaca puisi, drama musikal, menulis kreatif, serta story telling merupakan acara puncak Deutsche Woche XXII. Dalam perlombaan tersebut seluruh peserta diwajibkan menggunakan bahasa Jerman. Tujuannya adalah agar siswa dapat mempraktikan secara langsung bahasa Jerman kepada khalayak umum, sehingga mereka tidak canggung dalam pelafalannya. Dalam acara puncak ini sekaligus diumumkan pemenang serangkaian lomba yang dilaksanakan sebelumnya.
Harapannya, Deutsche Woche yang dilaksanakan di tahun mendatang bisa merangkul lebih banyak siswa dari sekolah SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, bahkan nasional. Sehingga Jurusan Bahasa Jerman Unesa semakin dikenal. (fbr/ic/ay/why)