18 September 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Badan Eksektutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menggelar seminar nasional dengan tema “Menjaga Identitas Nasional Melalui Seni , Budaya, Dan Bahasa”. Acara yang digelar Sabtu (15/09) ini bertempat di Auditorium Wiyata Mandala, LP3M lantai 9 dengan menghadirkan narasumber seorang budayawan dan seniman terkenal yaitu, Agus Hadi Sudjiwo Tedjo atau yang lebih dikenal dengan Sudjiwo Tedjo. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FBS, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.
Seminar kali ini menjadi spesial dan paling dinanti, pasalnya yang menjadi narasumber pada seminar kali ini adalah “Sudjiwo Tedjo”, budayawan dan seniman yang dekat dengan kata khas warga Surabaya. Selain menghadirkan pembicara yang unik, acara ini juga menyuguhkan sederet pertunjukan, seperti pentas monolog dari komunitas teater kaki langit, tarian, dan karawitan dari Jurusan Bahasa Daerah FBS. Ketua pelaksana berharap, melalui acara ini, mahasiswa dapat berperan aktif untuk menjaga identitas nasional melalui seni, budaya, dan bahasa, utamanya bagi mahasiswa FBS.
Mengolah seni, budaya, dan bahasa yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu cara untuk menjaga eksistensi warisan leluhur yang merupakan identitas nasional. Seperti yang diungkapkan Sujiwo Tedjo, “Selama masih ada kebutuhan dan itu diolah, identitas itu masih ada.” Dalam penyampaiannya, Sudjiwo Tedjo juga menggunakan lagu-lagu karyanya dan dinyanyikan bersama para peserta seminar.
Syamsul selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni juga berpesan bahwa untuk menjadi orang yang sukses kita harus mencoba melihat dunia dari sisi yang berbeda. (hasna/ay)