26 September 2023



Unesa.ac.id, SURABAYA - Pelatih Taekwondo SLOMPN Unesa Sanim Dedy Blegur berharap anak didiknya bisa memperoleh pengalaman dengan banyaknya pertandingan yang dilakoni.
Salah satu yang dilakukan adalah dengan memperbanyak mengikuti Kejurwil dan Kejurnas, agar kemampuan bertanding bisa ditingkatkan.
Diharapkan, dengan jam terbang yang tinggi, maka mental dan fisik atlet akan semakin terasa sehingga bisa memenuhi target lolos Olimpiade 2028 mendatang.
“Kita harapkan daya dukung jam terbang untuk anak-anak ini,” katanya.
Menurut dia, kemampuan bertanding memang harus diasah dengan berbagai macam kompetisi. Selain itu, kemampuan dasar dan fisik anak diidiknya juga terus ditingkatkan. Di satu sisi, mental pemain akan dibenahi agar nantinya bisa memenuhi target yang dibebankan untuk lolos ke Olimpiade 2028.
“Karena memang anak-anak sekarang dari trining untuk kompetisi dan mereka sudh punya mental sehingga nanti ketika di usia 17 tahun siap,” tambah dia.
Sementara itu, Desak Made Reina, salah satu atlet Taekwondo SLOMPN Unesa mengaku masih mempelajari beberapa basic tendangan kaki depan sebagai modal untuk bertanding. Teknik itu, terus dipelajari dan menjadi tumpuan untuk mengalahkan lawan-lawannya.
“Kita biasanya fokus pada tendangan kaki depan, atau teknik aborigi,” tambahnya.
Dia mengaku, terus mempelajari teknik tendangan itu dari media sosial, dan berharap mempraktikkannya dalam kejuaraan baik di tingkat wilayah maupun nasional.
Seperti diketahui, empat atlet SLOMPN Unesa berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Taekwondo Jawa Tiga di Yogyakarta beberapa waktu lalu.
Keempat atlet itu adalah Afif yang terjun di kelas 61 kg cadet, Zaky kelas 65 kg cadet dan Nimas Ayu Alexandria yang meraih emas di kelas 55 kg putri Cadet. Afif dan Zaky mewakili daerahnya Yogyakarta dan Jawa Tengah, sedangkan Nimas Ayu Alexandria mewakili Jawa Timur. Sementara itu, Muhammad Arga berhasil merebut emas dalam kelas 63 junior putra.
Selain meraih emas, Nimas Ayu juga menyabet gelar the best player dalam even itu. Baru-baru ini, dia juga berhasil menyabet emas dalam Kejuran Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur minggu lalu. (prs/sir)