20 November 2023


Unesa.ac.id., SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya (UNESA) tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia atau MRPTNI bekerja sama dengan INTI International University memberangkatkan enam mahasiswa untuk melaksanakan KKN dan Magang Internasional di Malaysia pada Minggu, 19 November 2023.
Kegiatan ini berlangsung selama dua bulan di Indonesia Community Center (ICC) Pahang, Malaysia. Nama keenam mahasiswa yang terlibat yakni Nadiah Arwary dan Farah Nabila Rahmawati dari S-1 Ilmu Komunikasi, Alfariza Roudhatul Firdaus dan Anesia Anggun Kinanti dari S-1 Pendidikan Sains, Fattah Bima Maulana dari S-1 Teknik Informatika, dan Hasna Nabilah dari S-2 Pendidikan Sains.
Anesia Anggun Kinanti dan teman-temannya di sana bakal mengenalkan cara melakukan eksperimen biologi sederhana kepada anak-anak di sana belum terlalu mengenal alat-alat eksperimen.
Di lain sisi, mahasiswa yang mengikuti program magang di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur akan melakukan upaya peningkatan tata kelola kehumasan sekolah seperti penulisan rilis dan aktivasi media sosial.
Kepala Subdirektorat Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa program KKN internasional ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak TKI yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal di Malaysia yang disebabkan faktor tertentu.
Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa proyek yang merupakan implementasi dari UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengabdikan ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah kepada masyarakat.
Dia berharap proyek ini berjalan secara reguler dan berkelanjutan agar kehidupan anak-anak dari para pekerja migran di sana bisa memiliki pendidikan yang layak walaupun informal.
Muhammad Nurul Ashar , S.Pd., M.Ed., Kepala Seksi International Mobility UNESA melanjutkan, program KKN ini merupakan salah satu inisiatif dari MRPTNI terkait program kemanusiaan di Malaysia yang dilaksanakan di UNESA beberapa waktu lalu.
Selain itu, program yang diikuti mahasiswa dari seluruh PTN Indonesia ini juga menjadi sarana UNESA menjalankan misi di ranah internasional sebagai kampus PTN-BH.
Dia berharap mahasiswa yang mengikuti program ini baik KKN ataupun magang memiliki kesadaran sekaligus kecakapan dalam menyelesaikan persoalan lintas negara bahkan global.
“Semoga mereka nantinya akan ketagihan untuk melakukan kegiatan internasional lain yang ada di UNESA, lebih bagus lagi kalau mereka bisa mengajak adik tingkatnya mengikuti jejak mereka,” ungkap pria kelahiran Sidoarjo itu.[]
***
Reporter: Fatimah Najmus Shofa
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim KKN dan Magang Internasional UNESA