25 February 2024


Unesa.ac.id, SURABAYA—Pimpinan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyambut kunjungan tim Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak yang melakukan benchmarking program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Auditorium Lantai 9, Gedung LPSP, Kampus 2 Lidah Wetan, pada Kamis, 22 Februari 2024.
Rombongan UNS yang berjumlah 11 orang dipimpin Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Mardiyana, M.Si., sedangkan rombongan Untan yang berjumlah 16 orang dipimpin Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Ahmad Yani T, M.Pd.
Kepala Pusat PPG UNESA, Drs. Fatkur Rohman Kafrawi, M.Pd., mengatakan kunjungan dari dua kampus tersebut dalam rangka membahas dan menggali informasi penting mengenai penelitian dan pembelajaran PPG.
“Fokus pertemuan ini meliputi kerja sama terkait pertukaran dosen, guru pamong, pengajar PPG, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pembuatan jurnal ilmiah untuk mahasiswa PPG, dosen, dan guru pamong,” jelasnya.
Masing-masing topik tersebut, lanjutnya, akan menjadi landasan kerja sama yang kuat dan berkelanjutan antara UNESA dan pihak terkait.
Diskusi kemudian terbagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari perwakilan masing-masing universitas. Topik yang dibahas antara lain, penelitian dan pengembangan akademik, PPL, pusat data dan informasi terpadu, penjaminan mutu pendidikan dan pengelolaan keuangan.
Dalam kegiatan ini turut dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan UNS dan Untan. Fatkur Rohman mengatakan bahwa setelah ini akan dibentuk tim kecil untuk membuat naskah akademik sebagai inovasi pembelajaran PPG.
“Dalam waktu dekat, tim kecil akan secara intensif bekerja sama untuk menyusun naskah akademik yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pembelajaran PPG. Harapannya, tim ini dapat menghasilkan produk tulisan jurnal ilmiah yang nantinya dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan PPG,” ucap Fatkur.
Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Hukum, Ketatalaksanaan, Keuangan, Sumber Daya, dan Usaha, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., serta jajaran tim PPG dan pimpinan LPSP UNESA.[]
***
Reporter: Erza Angelia Putri (FISH)
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim PPG