09 June 2024


Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, (kiri), dan Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., (kanan) tandantangani dokumen kerja sama penguatan tridarma perguruan tinggi.
Unesa.ac.id, MAKASSAR—Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bersama jajarannya menghadiri turnamen Asosiasi Tenis Profesor (ATP) Piala Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) yang diselenggarakan di Kampus Unhas pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2024.
Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., atau Cak Hasan, Rektor UNESA, bersama jajarannya dan pimpinan-guru besar dari kampus lain disambut oleh pimpinan Unhas melalui welcome dinner di atas Kapal Pinisi, Pantai Losari, pada Jumat, 7 Juni 2024.
Turnamen tersebut diikuti oleh 36 tim yang terdiri dari para pimpinan dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia. Cak Hasan mengatakan bahwa turnamen tenis tersebut merupakan agenda silaturahmi antar-pimpinan dan guru besar perguruan tinggi se-Indonesia.
Selain itu, juga untuk menggelorakan spirit olahraga, sehingga para pimpinan dan guru besar perguruan tinggi tetap sehat dan bugar di tengah banyaknya tanggung jawab tridarma perguruan tinggi.
Pimpinan dan profesor perguruan tinggi se-Indonesia peserta turnamen tenis profesor disambut tuan rumah di Kapal Pinisi, Pantai Losari, Makassar.
"Pertemuan pimpinan kampus dan guru besar tidak melulu harus di ruang rapat, seminar, dan sebagainya. Namun, perlu diimbangi dengan pertemuan yang berbasis kesehatan dan kebugaran," ucapnya.
Dalam turnamen ini juga diagendakan pemilihan ketua Asosiasi Tenis Profesor pertama yang dalam hal ini diemban oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Suharnomo sebagai ketua terpilih.
Sebagai tuan rumah, Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., sangat berharap dengan turnamen tenis tersebut dapat memperkuat hubungan baik dan sinergi antar-pimpinan dan guru besar perguruan tinggi di Indonesia.
"Sinergi harus terus diperkuat di tengah tantangan pendidikan tinggi yang semakin kompleks. Dengan begitu, ide-ide bisa dipercakapkan dan dikomunikasikan, atmosfer tridarma bisa diperkuat, dan inovasi bisa diperbanyak," ucapnya dilansir UnhasTV pada Minggu (9/6/2024).
Di sela-sela agenda turnamen tenis tersebut, terdapat agenda penandatanganan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian antara UNESA dengan pihak tuan rumah, Unhas.
Penandatanganan kerja sama ini juga melibatkan empat perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Pertamina, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).[]
***
Naskah: Diolah dari data tim Rektor UNESA dan berbagai sumber
Pengolah: tim HUMAS UNESA
Foto: Dokumentasi tim Rektor UNESA