03 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA peringati Isra Mikraj dengan ‘Ngaji Bareng’ secara virtual pada Kamis, 2 Februari 2022. Kegiatan bertema ‘Manifestasi Nilai Ibadah Sholat dalam Kehidupan Bermasyarakat’ itu diikuti seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi dan dihadiri Ustadz Muhamammad Saifulloh Farihi S.Pd sebagai pembicara.
Ketua Hima Jurusan Pendidikan Ekonomi, Yoga Sugiyantoro menyatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan menumbuhkan jiwa keagamaan dan kesadaran akan makna peristiwa Isra Mikraj bagi kehidupan sekarang ini. “Anak muda sekarang sudah tertinggal akan sejarah dari perjalanan dakwah Islam dan sebagai peringatan agar kita senantiasa menjalankan ibadah sesuai dengan syariatnya,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Ustadz Muhammad Saifuloh Farihi menerangkan bahwa kehidupan Nabi Muhammad SAW penuh dengan rasa cinta dan kasih yang tak tehingga untuk umatnya. Bahkan, kehidupannya dikorbankan sepenuhnya untuk memperbaiki umatnya lewat ajaran Islam.
Peristiwa Isra Mikraj merupakan perjalan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dan peristiwa tersebut merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Karena pada peristiwa inilah Rasulullah mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.
“Isra Mikraj merupakan perjalanan Rasulullah menuju Baitul Maqdis dan ke Sidratul Muntaha. Dan tiap naik ke langit berjumpa dengan para nabi Allah SWT. Rasulllah mendapatkan perintah sholat sebanyak 50 rakaat. Karena kasih sayang Rasul pada umatnya hingga beliau meminta hanya 5 waktu sholat saja yang wajib dilakukan,” terangnya.
Menurutnya ada tiga poin tentang sholat, pertama, perintah sholat itu satu-satunya dipnggil langsung oleh Allah SWT, kedua, sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, ketiga, sholat adalah ibadah yang pertama kali dihisab nanti. “Jadi perintah sholat itu tidak main-main, karena itu menjadi bagian dari yang menentukan keberhasilan hidup kita di dunia dan akhirat,” ujarnya. [Humas UNESA]
Penulis: Nisvi
Editor: @zam*