07 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Meski pandemi, berkarya tidak boleh berhenti. Itulah yang ditunjukkan para mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Film Indie Komunikasi (Kofie.com) UNESA. Mereka memproduksi film pendek berjudul Venenum Amare yang disiarkan di kanal Youtube Cofie.com pada Sabtu, 5 Februari 2022.
Venenum Amare menceritakan dinamika hubungan antara Aya dan Dylon yang kandas di tengah jalan lantaran salah satu dari mereka mempertanyakan kelanjutan hubungan. Dikatakan, Naufal Auliya, selaku produser, film tersebut mengangkat isu toxic relationship atau hubungan tidak sehat di kalangan muda.
Menurutnya, remaja bahkan dewasa semakin banyak yang terjebak dalam toxic relationship dan ini harus menjadi perhatian bersama. Hubungan tidak sehat cenderung mengancam productivitas pelajar dan mahasiswa yang harusnya sebagian besar waktunya difokuskan untuk belajar dan mengembangkan diri.
“Hubungan tidak sehat kerap berdampak pada depresi dan mental illness. Kadang kuliah gak jalan atau skripsi gak kelar karena hubungan yang tidak sehat,” ujarnya. Dia berharap, fim pendek tersebut bisa menjadi sarana edukasi untuk kalangan muda sehingga bisa memahami toxic relationship.
Bagus Rayhand, Ketua Kofie.com serta Director Venenum Amare, mengatakan bahwa film ini termasuk jenis film pendek yang hanya berduarasi sekitar 5 menit. “Kami produksi sekitar 2 minggu, sebelumnya kami sempat mengira hanya sekitar 1 minggu beres, ternyata ada beberapa hal dan jadinya rampung dua pekan,” ungkapnya.
Venenum Amare, lanjutnya, diambil dari bahasa Latin; venenum artinya racun sementara amare berarti cinta. “Maka dari itu, film ini memiliki makna dan isi cerita tentang kehidupan seorang anak muda tidak harus selalu tentang cinta, melainkan cinta yang berlebihan dapat merugikan diri sendiri,” jelasnya.
Kofie.com merupakan sebuah komunitas lembaga semi otonom di Prodi S-1 Ilmu Komunikasi yang terbentuk sejak tahun 2015. Dalam komunitas tersebut dijadikan sebuah wadah untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi mengembangkan soft skills dan hard skillsnya dalam dunia perfilman. [Humas UNESA]
Penulis: Anggun Herawati
Editor: @zam*