05 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Resimen Mahasiswa (Menwa) 804 UNESA mengadakan upacara pemberangkatan anggotanya yang mengikuti Diklatsar (Pendidikan Diklat Dasar) ke-74 dan Suskalak (Kursus Kader Pelaksana) ke-37 pada Jumat, 4 Februari 2022 di Halaman Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Upacara pemberangkatan tersebut dihadiri langsung Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Dia menyatakan, mahasiswa harus banyak belajar dan mengembangkan diri lewat kegiatan yang positif.
Dia menambahkan, posisi organisasi tidak bisa dipandang sebelah mata, termasuk Menwa. Organisasi bisa menjadi tempat untuk mengembangkan pengetahuan dan memperkuat keterampilan yang didapatkan di dalam kelas. Kemudian apa yang diperoleh di dalam kelas bisa diimplementasikan di ruang organisasi.
“Mahasiswa yang bagus kuliahnya, kuat belajarnya dan aktif mengembangkan diri dalam kelas dan di organisasi akan berbuah prestasi, bisa prestasi akademik ataupun nonakademik,” tandasnya.
Pria yang hobi berolahraga itu berpesan kepada anggota Menwa agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dan memberikan yang terbaik di setiap sesi dan kesempatan. “Kibarkan almamater UNESA di tempat kegiatan, tunjukkan yang terbaik dan tetaplah menjaga nama baik lembaga,” pesannya.
Dia berharap, anggota Menwa yang mengikuti pelatihan tersebut membawa pulang semangat dan karakter kemahasiswaan yang ideal, yaitu mahasiswa yang senantiasa mengisi waktu dengan belajar dan aktivitas positif, lebih disiplin, makin giat belajar dan makin semangat berkarya untuk masyarakat dan bangsa.
Komandan Menwa 804 UNESA, Vandi Akhmad Royyan menjelaskan bahwa DIKLATSAR dan SUSKALAK tersebut diadakan selama 3 pekan, mulai 5-24 Februari 2022 di Dodikjur Rindam V Brawijaya, Jalan Mayjen M. Wiyono, 01, Polehan, Kec. Blimbing, Malang.
Kegiatan tersebut diikuti peserta Menwa se-Jawa Timur. Peserta dari UNESA diikuti 10 anggota angkatan 2021 untuk Diklatsar dan 3 anggota angkatan lama untuk Suskalak. “Untuk Diklatsar memang untuk anggota baru, sementara Suskalak untuk anggota lama yang mendalami kompetensi bidang pendidikan dan pelatihan Menwa,” ujarnya.
Reza Dwi Ramadhan Wakil Kepala Urusan Operasional memaparkan bahwa di lokasi pelatihan, peserta akan menerima serangkaian materi dan praktik pendidikan dan pelatihan di antaranya, pembekalan materi tentang dasar kemiliteran, pembekalan materi bela negara dan wawasan kebangsaan, praktik teknik dasar pertempuran dan praktik survival.
Adapun tujuannya yaitu; pertama, membentuk pribadi yang memiliki sikap disiplin, tanggung jawab, kemampuan fisik dan pengetahuan agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi Menwa sesuai dengan Panca Darma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia.
Kedua, melaksanakan pembinaan pengetahuan anggota Menwa di perguruan tinggi. Ketiga, meningkatkan kemampuan dan pemahaman anggota Menwa dalam bidang bela negara. Keempat, mengasah keterampilan anggota Menwa agar lebih baik dalam tugas satuan maupun universitas. Kelima, mampu melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota Menwa di lingkungan universitas.
Reporter: Nadia Nafifin
Editor: @zam*