30 January 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - UPT Humas Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menghelat kegiatan Seri Belajar Branding Volume 3 pada Minggu (30/01/2022). Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB itu dihadiri organisasi mahasiswa selingkung UNESA seperti, BEM, HMJ, UKM, ormada, LSO dan komunitas terkait.
Kegiatan tersebut dihadiri dua narasumber yakni, Tarida Alif Pratama, Tim Rilis Humas Pemprov Jawa Timur dan Annisa Maulidya Rahma, Digital Communication PT Meratus Line.
Webinar tersebut dibuka oleh Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si., selaku Dosen UNESA mengatakan bahwa kegiatan itu dapat memberi semacam penguatan kepada pengurus organisasi mahasiswa yang baru, sehingga dapat menambah wawasan dan dapat panduan dalam membangun image atau branding karya maupun prestasi.
Ketua Divisi Dokumentasi dan Layanan Informasi Humas UNESA Itu menambahkan, mahasiswa memiliki peran dalam meningkatkan citra UNESA baik kepada mahasiswa baru maupun masyarakat umum.
Berdasarkan riset, mahasiswa baru sangat aktif dalam mencari informasi baik di laman web atau media sosial guna mengenal karya atau aktivitas apa saja yang telah dilakukan. “Saya harap, teman-teman pengurus ormawa bisa menunjukkan prestasi dan inovasi, Itu penting dan punya daya tarik bagi siapapun. Siapa yang tidak suka dengan prestasi,” tukasnya.
Tarida Alif Pratama dalam pemaparannya menyampaikan, rilis adalah sebuah produk berita yang dikeluarkan oleh suatu organisasi. Karakter yang paling utama adalah nilai dari berita tersebut yang aktual, penting, memiliki daya tarik, kedekatan, dan ketokohan.
Ada yang perlu diperhatikan dalam menulis rilis, yaitu menentukan kerangka tulisan dan angle, sederhana dan prioritas, tidak memberikan opini pribadi, serta menggunakan skema piramida yang terbaik. “Rrilis penting bagi setiap ormawa selingkung UNESA sebab dalam setiap penyampaian berbagai agenda yang akan dilakukan nanti erat kaitannya dengan kepentingan publik secara luas,” terangnya.
Annisa Maulidya Rahma selaku narasumber kedua menyampaikan materi tentang ‘Pengelolaan Media Sosial Untuk Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya’. Guna pengembangan akun sosial media, setiap ormawa harus menentukan sudut pandang akun masing-masing.
Beberapa langkah untuk mengatur manajemen media sosial dari tiap ormawa tersebut dapat disebut sebagai AIDAL (Awareness, Interactions, Desire, Action, dan Loyalty). “Branding diri itu bisa lewat media sosial, karena itu medsos perlu kita buat manajemen khusus sehingga tampak profesional,” ujarnya. [Humas UNESA]
Penulis: Reyka Ayu
Editor: @zam*