24 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris menjalankan program Digital Extensive Reading sejak tahun akademik 2019. Keberhasilan program ini mendapatkan perhatian dari RELO dalam kunjungannya di UNESA pada Kamis, 18 November 2021. RELO kemudian memberikan bantuan dalam bentuk pengiriman Virtual English Language Fellow (VELF) atau dosen tamu secara virtual selama satu tahun.
Program VELF ini diberikan dengan sasaran mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris angkatan 2020, baik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris maupun Sastra Inggris. Pendampingan pengembangan kemampuan bahasa Inggris dipandu oleh Rachel Wang, dosen tamu, dan menghasilkan draf buku cerita anak dwi bahasa yang berbasis kearifan lokal.
Diperolehnya draf buku cerita yang ditulis oleh mahasiswa angkatan 2020 membuat RELO menawarkan hibah untuk editing dan cetak buku-buku cerita tersebut. Saat ini hibah dalam proses perijinan dari pihak US Federal, dan bila terealisasikan didistribusikan ke sekolah-sekolah dan digunakan untuk bahan mahasiswa melakukan KKN tematik literasi dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, antara lain seperti Kampus Mengajar.
Selain pengembangan di bidang literasi, program VELF yang dikelolaoleh RELO Kedubes AS juga berjalan dalam bentuk Community of Practice dengan para dosen Jurusan Bahasa Inggris. Dalam CoP ini, para dosen dan Rachel mendiskusikan dan mensimulasikan praktek-praktek dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dr. Sujarwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama menyambut baik atas kerjasama bidang tersebut. Dia berharap, kerjasama itu dapat berdampak pada kualitas literasi di Indonesia. [Humas UNESA]