23 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) sudah sekitar 12 tahun. Saat ini, UNESA tengah mempersiapkan diri menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Persiapan perubahan status dari PTN BLU ke PTN BH dipresentasikan pada Jumat, 22 Oktober 2021 di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan.
Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes beserta jajaran wakil rektor. Selain itu juga ada jajaran senat, pimpinan program vokasi, para dekan dan jajaran tim PTN BH UNESA. Dalam sambutannya, rektor mengungkapkan bahwa UNESA masuk ke dalam jajaran empat perguruan tinggi yang diusulkan oleh Mendikbudristek sebagai PTN BH. Dengan segala persiapan yang ada, ia berharap, jalan UNESA menjadi PTN BH diberi kemudahan dan kelancaran.
Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. H. Haris Supratno, M.Pd memaparkan banyak hal, di antaranya terkait prestasi dan kinerja UNESA selama beberapa tahun terakhir. Presentasi itu dilakukan secara virtual bersama tim asesor dari Dirjendikti yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi. “Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada civitas academica, Rektor UNESA membuat motto; UNESA satu langkah di depan,” ucapnya.
Dalam beberapa tahun ke depan, UNESA memiliki beberapa rencana seperti program atau kebijakan ke arah entrepreneurship university, smart research university, autonomous smart university, hub–innovation university dan smart academic industry. Menurutnya, UNESA sudah siap menjadi PTN BH dalam waktu dekat. “Beberapa penyempurnaan sehingga akhir tahun ini bisa diselesaikan, sehingga awal tahun 2022, UNESA bisa resmi jadi PTN BH,” katanya. (Hasna/zam*)