19 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) gelar webinar dengan topik “Prospek studi Pragmalistika di Era Digital dan Penerapannya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra” pada Sabtu (19/06/2021).
Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja membahas pragmalistika agar bisa dijadikan sebagai topik penelitian maupun sebagai bahan tesis para mahasiswa.
Sementara itu, Dr. Budinuryanta Yohanes, M.Pd pegiat pragmalistika Unesa yang dihadirkan dalam webinar itu menerangkan bahwa era digital memunculkan pola, ragam dan gaya bahasa yang cukup signifikan.
Ia melanjutkan, pragmalistika merupakan suatu telaah mendalam terhadap bahasa bergaya. “Bahasa bergaya saat ini banyak muncul ke permukaan lebih banyak karena unsur kesengajaan yang diciptakan oleh kelompok masyarakat,” ujarnya.
“Sesuai dengan topik hari ini yang difokuskan pada penerapan pembelajaran bahasa dan sastra, maka sebagai guru kita dapat meniru penggunaan bahasa bergaya itu sebagai bahan pembelajaran. Sehingga dapat menekankan pada inti proses pembelajaran dan metodenya” Tandas Budi.
Pada akhir penyampaiannya, Budi berpesan kepada peserta agar senantiasa menjadi guru yang mampu memahami arah kemajuan zaman dan mampu menggunakan bahasa dengan baik dan benar dalam berkomunikasi setiap hari.
“Mengajar pun harus menggunakan bahasa yang baik dan disesuaikan dengan taraf kemampuan para siswa, sehingga murid bisa senang belajar bahkan belajar bahasa maupun sastra. Kegiatan webinar diakhiri dengan diskusi pragmalistika oleh pemakalah dan peserta. (Nov)