15 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya –Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melaksanakan Ujian Dinas Berbasis Komputer yang dilaksanakan serentak se-Indonesia pada Selasa, (15/6/2021) di Lantai 4 Ruang Training Center PPTI UNESA Lidah Wetan.
Sesuai jadwal, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, atau hingga Kamis (17/6/2021). Sulistyorini, S.E., M.Si selaku pengawas ujian tersebut menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dibagi dalam tiga aspek ujian. Ada ujian dinas berbasis komputer, ujian penyesuaian ijazah berbasis komputer, dan presentasi makalah bagi peserta ujian penyesuaian ijazah.
Ia menambahkan bahwa ada sekitar 41 peserta selingkunga UNESA yang mengikuti ujian tersebut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk kenaikan pangkat bagi tenaga kependidikan (tendik) maupuan pegawai negeri di Unesa maupun di seluruh Indonesia.
“Kami dari Unesa mengirimkan siapa saja yang memenuhi, nanti ada seleksi dari Kemendikbudristek, kemudian kami diberi nama-nama siapa yang berhak mengikuti,” terangnya. Ia juga menambahkan, bagi lulusan S-1 akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan ujian presentasi makalah bagi peserta ujian penyesuaian ijazah yang akan dilakukan di depan atasannya langsung, yaitu Wakil Dekan Dua. “Mereka diwajibkan membuat makalah dengan syarat-syaratnya dengan topik yang sudah ditentukan, Covid-19 misalnya,” ujarnya.
Dalam ujian penyesuaian ijazah berbasis komputer terdapat beberapa komponen ujian. Ada ujian verbal, kuantitatif, penalaran, wawasan kebangsaan, bahasa Inggris serta manajemen perkantoran. Sulistyorini berharap semua peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. (hasna)