06 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-UNESA String Chamber baru-baru ini membawa pulang perak setelah berhasil menjadi juara dua untuk kategori Trio dan Quintet pada ajang International Grand Music Festival 2021. Group musik dari Fakultas Bahasa dan Seni UNESA itu beranggotakan lima mahasiswa. Mereka adalah Riki Duwi Novanto, Sih Pungki Bernad Julianto, Rifqi Farros, Kenno Richie dan Alif Urip Muhammad.
Sebelumnya, UNESA String Chamber memang kerap manggung dan unjuk kebolehan di tiap kompetisi serta sering menorehkan prestasi. Sih Pungki Bernad Julianto mengatakan bahwa prestasi tersebut tidak datang begitu saja atau sekadar keberuntungan. Namun semua didasarkan pada usaha dan perjuangan.
Hal itulah yang dilakukan anggota Unesa String Chamber, melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum ajang bergensi itu digelar. Mereka juga rutin latihan baik secara mandiri maupun latihan bersama secara offline sebanyak dua bahkan tiga kali dalam seminggu.
Mahasiswa jurusan Sendratasik FBS UNESA itu menambahkan bahwa menjalani latihan selama pandemi memang cukup menantang. Satu sisi protokol kesehatan harus diperhatikan dan di sisi lain keahlian bermusik pun harus terus ditingkatkan. Terlebih anggota Unesa String Chamber ada yang berdomisili di luar Kota Surabaya. “Nah tantangannya di situ, dan situasi yang begitu kan tentu rawan jenuh, tetapi kami memilih untuk tetap semangat, konsisten, dan akhirnya membuahkan hasil,” ujarnya.
Ia melanjutkan bahwa di balik prestasi yang mereka raih tersebut, ada motivator dan sosok pembimbing yang selalu sabar dan setia menemani mereka selama latihan. Dosen pembimbing mereka selama latihan ialah Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd, Marda Putra Mahendra S.Pd., M.Pd, dan Tomy Agung Sugito S.Pd., M.Pd.
“Prestasi ini selain sebagai kebanggan dan simbol perjuangan, juga sebagai motivasi untuk terus meraih yang lebih baik lagi ke depannya,” ucapnya. “Semoga Unesa String Chamber tetap semangat, kompak dan bisa terus mengukir prestasi di ajang bergensi baik level nasional maupun internasional,” harap pria yang duduk di semester enam itu. (Humas Unesa)