28 May 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Gebyar peringatan Dies Natalies Unesa ke-57 telah dimulai dengan dibukanya Piala Rektor Unesa National Pickleball Championship 2021 pada Jum’at (28/5) di Laboratorium Tenis Unesa, Lidah Wetan. Sesuai jadwal, National Pickleball Championship digelar hingga Minggu (30/5/2021).
Acara pembukaan dihadiri oleh Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus ketua PPI Jawa Timur, Muhammad Kharis Fajar selaku ketua pelaksana, dan Susilo, M.Pd., D.Ed selaku Founder Pickleball Indonesia.
Dalam sambutannya, Karis Jafar menjelaskan bahwa kejuaraan ini diikuti 105 atlet yang berasal dari 10 provinsi di Indonesia. Provinsi yang ikut berpartisipasi di antaranya ada DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatra Barat dan beberapa provinsi lainnya. Skema pertandingan akan dibagi ke beberapa kategori di antaranya ada kategori tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan eksklusif.
Dengan kejuaraan tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi Persatuan Pickleball Indonesia yang baru saja disahkan tahun kemarin. Kemudian, ini juga merupakan kompetisi nasional kedua untuk olahraga Pickleball yang berhasil diselenggarakan. “Semoga kompetisi ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi bagi perkembangan olahraga Pickleball,” harapnya.
Agus Hariyanto juga menjelaskan bahwa Pickleball merupakan olahraga baru di Indonesia yang baru resmi terbentuk November 2020 yang mana Ketua umum pertama Persatuan Pickleball Indonesia (PPI) adalah Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Rektor Unesa. Agus percaya bahwa olahraga ini dapat berkembang dengan baik di Indonesia.
Hal ini ditandai dengan keikutsertaan 105 atlet dari 10 provinsi di kejuaraan nasional kedua ini. “Mudah-mudahan kejurnas berikutnya bertambah besar, sehingga kami sangat berharap mudah-mudahan Pickleball ini segera diakui sebagai anggota KONI pusat dan suatu saat bisa kita laksanakan Pickleball di kejuaraan yang akan datang,“ pungkasnya. (Hasna/zam)