31 August 2022


Unesa.ac.id,SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan webinar bertajuk ‘Lebih Dekat Bersama Cak Hasan’ pada Jumat, 26 Agustus 2022 secara daring. Kegiatan ini mempertemukan Rektor Prof Dr Nurhasan, M.Kes., dengan 21 dosen magang dari 19 perguruan tinggi tanah air dan lebih dari seratus dosen muda UNESA.
Tentu pada kesempatan ini peserta akan banyak wejangan dan motivasi dari Cak Hasan. Selain itu juga tentang kepemimpinan dalam memajukan UNESA termasuk visi dan misinya ke depan. Dia menjelaskan bahwa tujuan magang adalah, 1) memperluas wawasan berkaitan dengan pelaksanaan dan perencanaan dunia kerja dalam bidang tridarma perguruan tinggi; 2) memberikan pengalaman secara langsung kepada dosen magang terkait manajemen perguruan tinggi pembina contohnya kerjasama dengan mitra atau DUDI (Dunia Kerja Dunia Industri).
Selanjutnya, 3) memberikan pengalaman kepada dosen magang terkait persiapan dalam mengadopsi dan mengadaptasi kebijakan merdeka belajar, 4) memberi kesempatan kepada dosen muda untuk bekerja sama dengan dosen senior (pembina).
Cak Hasan melanjutkan, proses transformasi UNESA menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbasis Hukum) tidak lepas dari peran para sivitas akademika di dalamnya. Visi UNESA terkait pendidikan yaitu menyelenggarakan pendidikan sebagai landasan dan inovasi, melakukan penelitian, pengabdian masyarakat, kerjasama, serta lingkungan akademik.
Saat ini sasaran peralihan UNESA menjadi PTN-BH pada pendidikan dan kemahasiswaan; penelitian dan inovasi; pengabdian masyarakat dan kerja sama; sumber daya manusia; digitalisasi; world class university; keuangan dan aset; dan investasi.
Target UNESA ke depan dalam Basis Pengembangan tahun 2021-2045 meliputi; 1) Tahun 2021-2025 UNESA dapat unggul dalam bidang teaching based entrepreneur, 2) Tahun 2026-2030 UNESA unggul dalam riset berbasis ‘research based entrepreneur’; 3) Tahun 2031-2035 UNESA dapat mandiri menjadi ‘autonomous university entrepreneur’; 4) Tahun 2036-2040 UNESA dapat berinovasi secara keseluruhan dalam bidang ‘innovation and research based entrepreneur’, 5) Tahun 2041-2045 menjadi pelopor universitas entrepreneur unggul dalam 100 tahun usia kemerdekaan Indonesia.
Cak Hasan berharap UNESA berbasis PTN-BH dapat menjadi universitas entrepreneur kelas dunia berbasis inovasi. “Sivitas akademika mempunyai jiwa pengusaha yang nantinya tidak membebani mahasiswa,” tandasnya.
Kemudian terkait rancangan pembiayaan PTN-BH yang berkaitan dengan pendanaan non-APBN (Anggaran Pengeluaran Belanja Negara) didapat dari masyarakat, biaya pendidikan, pengelolaan dana abadi, kerja sama tridarma perguruan tinggi dan usaha. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung secara penuh universitas-universitas berbasis PTN-BH melalui dana abadi.
UNESA sebagai PTN-BH akan terus mengembangkan bidang; 1) Pendidikan (peningkatan kualitas atmosfir akademik produktif, penguatan kurikulum, pengembangan pembelajaran, dan peningkatan kualitas pendidikan); 2) Penelitian (peningkatan kualitas dan kuantitas riset untuk menghasilkan inovasi yang berorientasi online preneurial di bidang pendidikan dan non-kependidikan); 3) Pekan Karya Mahasiswa atau PKM (penguatan kualitas dan kuantitas PKM yang berorientasi menghasilkan inovasi di bidang kependidikan dan nonkependidikan yang berwawasan entrepreneurial.
Kemudian, 4) Tata Kelola (perubahan menuju OTK PTN-BH yang diperkuat hibernasi menjamin excellent university government); 5) Sumber daya manusia (peningkatan jumlah guru besar, doktor, maupun dosen); dan 6) Keuangan (peningkatan pendapatan melalui pengembangan pengelolaan usaha di bidang kependidikan dan nonkependidikan;
Selanjutnya, 7) Sarana dan prasarana (penyediaan fasilitas berkualitas global yang diperkuat hibernasi untuk mendukung internasionalisasi; dan 8) Mahasiswa (perubahan struktur dan kualitas kemahasiswaan dalam pengembangan kreasi maupun inovasi berwawasan entrepreneurial).
UNESA sebagai eco-campus yang kreatif, inovatif, dan produktif mendukung fasilitas-fasilitas meliputi tempat jogging, ride training outdoor, laboratorium merdeka belajar yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Space-space ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa seni untuk mendapat inspirasi maupun ide-ide. “Target ke depan bagaimana UNESA menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi generasi bangsa dalam mengembangkan diri dan kompetensi yang nantinya berguna dalam memajukan tanah air,” ucap Cak Hasan. [HUMAS UNESA]
Penulis: Fionna Ayu Shabrina
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Reporter Humas Unesa