01 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya- Satuan Resimen Mahasiswa 804 Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat atau “Karya Bakti” dengan tema “Sinergisitas Resimen Mahasiswa 804 untuk Mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi di Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Pengabdian Masyarakat dan Pencegahan Covid-19”.
Kegiatan tersebut digelar di Desa Jegreg, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan yang dihadiri 30 satuan tugas dari anggota Satmenwa 804 Unesa di bawah tanggung jawab Doni Setyawan sebagai Komandan Satgas.
Acara tersebut berlangsung mulai 18–21 Maret 2021 dengan berbagai rangkaian, mulai dari program pendidikan dan pengajaran, pelatihan menjahit masker, sosialisasi karang taruna, outbound, JAM (jika aku menjadi), pengadaan tempat cuci tangan, dan pemasangan papan penunjuk jalan.
Pembukaan acara pada Kamis, 18 Maret 2021 digelar di Balai Desa Jegreg. Kemudian dilanjutkan dengan agenda pendidikan dan pengajaran di TPQ. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap malam. Kegiatan pendidikan dan pengajaran juga dilakukan di beberapa lembaga pendidikan lainnya seperti di SDN Jegreg 2, SDN Jegreg 3 dan SMP Ihyaul Ulum.
Kemudian untuk agenda pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat yakni lewat sosialisasi protokol kesehatan dan pelatihan menjahit masker untuk anak-anak sekolah dasar yang dibimbing langsung oleh penjahit dan perajin masker di desa Jegreg, Hanis Widayani. Pelatihan itu tentu tidak hanya sekadar membuat masker, tetapi masker dengan ragam motif. Seperti yang dikreasikan anak-anak di SDN Jegreg 3 misalnya, mereka membuat masker dengan motif tie-dye. Tujuan kegiatan tersebut sebagai prakarya untuk meningkatkan kreativitas anak di masa pandemi.
Selanjutnya, mengadakan program pengabdian masyarakat dengan tema “Jika Aku Menjadi”. Seluruh satgas Karya Bakti dikerahkan untuk terjun langsung ke lapangan guna membantu meringankan pekerjaan dan usaha masyarakat dalam bidang pertanian. Tidak hanya itu, anggota Satmenwa 804 Unesa memberikan healing dan berbagi semangat di masa pandemi lewat giat outbound dan fun game bersama anak-anak di desa Jegreg.
Pada hari terakhir, Satgas Karya Bakti 2021 Satmenwa 804 Unesa malaksanakan kerja bakti bersih desa bersama karang taruna dan warga setempat. Lalu membagikan 10 unit tempat cuci tangan untuk umum seperti masjid, musala, dan sekolah. Kemudian pemasangan papan penunjuk jalan di beberapa persimpangan desa. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut, lalu ditutup dengan apel penutupan di Balai Desa Jegreg.
“Dari awal hingga akhir, kegiatan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan dalam pengawasan pimpinan Satmenwa 804 Unesa, Dr. Theodorus Wiyanto Wibowo M.Pd beserta Komandan Satuan Resimen Mahasiswa 804, Anton Suwito,” ujar Komandan Satgas, Doni Setyawan. (Humas Unesa)