18 February 2021


Unesa.ac.id, Surabaya– Guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat, divisi Kolatmapta Pramuka UNESA menggelar bakti sosial di Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Aksi sosial tim pramuka UNESA kali ini hampir mirip dengan yang dilakukan para duta perubahan perilaku, yakni membagikan masker gratis kepada warga dan pengunjung pemandian air panas Pacet.
Selain itu, melakukan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan atau pentingnya 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) kepada masyarakat. Hal itu dilakukan karena tingkat kepatuhan terhadap prokes di tengah masyarakat masih rendah. “Kita juga langsung menegur yang tidak memakai masker dan memberikan masker gratis, yang gak bener maskeran pun ditegur,” ujar Humas Pramuka Unesa.
Bakti sosial tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan rutin program kerja Dewan Satuan Kolatmapta Pramuka Unesa. Pada kegiatan itu juga, mereka menggelar pelatihan anggota yang bertujuan untuk mengaplikasikan materi yang telah diterima selama pendidikan dasar kesamaptaan serta meningkatkan kecintaan terhadap alam.
Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi prokes. Anggota yang mengikuti kegiatan wajib memakai masker, membawa hand sanitizer dan sabun cuci tangan sendiri untuk digunakan secara berkala serta menjaga jarak selama berkegiatan. Untuk mengetahui kondisi tubuh, peserta juga wajib menunjukkan surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas dua hari sebelum kegiatan.
Rangkaian agenda pelatihan dan bakti sosial tersebut memberikan pengalaman tersendiri bagi anggota. Meskipun pandemi mewabah, tapi nurani harus terus diasah dan ditranformasikan menjadi aksi nyata untuk masyarakat. Pramuka harus siap turun tangan, dan selalu beradaptasi dan responsif. (zam/pramukaunesa)