20 January 2021


Unesa.ac.id, Surabaya - , Masa Pandemi seperti sekarang menuntut kita untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Karena itu, asupan makanan yang bergizi pun perlu diperhatikan, terlebih saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
Untuk membantu masyarakat mewujudkan PHBS serta mencukupi asupan energi selama pandemi, Unesa melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) membagikan paket makanan sehat yang telah dikreasikan sedemikian rupa kepada warga Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri dan warga Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung, Surabaya.
Tim PKM Unesa tersebut beranggotakan enam orang yang terdiri dari Muchamad Arif Al Ardha, S.Pd., M.Ed, Dr.Yonny Herdyanto, M.Kes, Awang Firmansyah, S.Or M.Kes, Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd, dan Wulan Patria Saroinsong, S.Psi M.Pd.
Muchamad Arif mengatakan bahwa program bantuan yang dilaksanakan ini melibatkan perangkat desa terkait. Dalam hal ini lurah Babatan dan Lidah Kulon dalam hal pendataan warga, serta pihak RT dan RW setempat dalam pendistribusian bantuan ke rumah warga.
Muchamad Arif juga menambahkan, sekalipun keadaan ekonomi di masa pandemi sedang tidak baik, kebutuhan gizi dan imunitas masyarakat tidak boleh diabaikan. “Unesa baik itu lewat Crisis Centre, tim PKM, dan Fakultas sudah rutin memberi bantuan untuk masyarakat sekitar selama Covid-19 mewabah di Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, Yonny Herdyanto mengatakan bahwa bantuan paket kreasi makanan bergizi tersebut didukung penuh dari dana PNBP Unesa yang rutin dialokasikan selama pandemi. “Kita sama-sama saling membantu untuk bisa disiplin dan menjaga gizi masyarakat tetap baik dan terjaga selama pandemi,” ujarnya.
“Semoga kita tetap terjaga imunitasnya, terjaga gizinya, dan segera berakhir pandeminya,” harap Kartika Rinakit Adhe. (Humas Unesa)