19 January 2021


Unesa.ac.id,Surabaya – Universitas Negeri Surabaya bersama tim program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan Unesa Crisis Centre (UCC) terus berupaya dalam mengurangi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Salah satunya melalui pembagian alat semprot disinfektan kepada masyarakat Kecamatan Menganti dan Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Senin, (18/1).
Dr. Mutimmatul Faidah, M.Ag, salah satu anggota TIM PKM Unesa menuturkan bahwa alat penyeprot disinfektan sangat diperlukan masyarakat guna melakukan penyemprotan rutin disinfektan secara mandiri maupun kelompok di lingkungan masing-masing. Dengan begitu, potensi penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.
Sri Usodoningtyas, S.Pd., M.Pd. anggota PKM lainnya juga menambahkan bahwa media penyebaran Covid-19 memang tidak dapat terdeteksi secara pasti, hal tersebut bisa saja melalui manusia kepada manusia maupun barang atau benda yang tersentuh oleh manusia. “Karena itu kita perlu antisipasi dengan penyemprotan disinfektan secara rutin,” ujarnya.
Penyemprotan selain menunggu jatah dari tim satuan tugas di masing-masing wilayah, masyarakat bisa melakukannya sendiri secara rutin dengan memanfaatkan alat semprot yang sudah dibagikan tersebut. “Kalau ada alatnya, kan kita bisa rajin dan rutin semprotnya, dengan begitu langka antisipasi bisa maksimal dan kita tidak tertular Covid-19,” tambah Sri Usodoningtyas.
Informasi tambahan juga didapatkan melalui penuturan salah satu anggota lainnya, Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd. bahwa agar tidak terpapar Covid-19 memang tidak hanya dengan penyemprotan disinfektan saja, namun juga perlu langkah-langkah antisipasi lain yang harus terus dilakukan sembari dijadikan kebiasaan sehari-hari. Langkah -langkah antisipasi yang bisa diterapkan seperti mengurangi keluyuran yang tidak jelas, selalu jaga jarak dengan orang lain, dan rutin mencuci tangan secara berkala. Selain itu, hal yang paling penting adalah selalu mengenakan masker jika beraktivitas di luar rumah. “Semprot disinfektan harus rutin, dan disiplin puga juga amat penting dilakukan setiap saat,” tegasnya. “Info saja, bantuan tersebut diadakan dari Dana PNBP Unesa,” sambungnya. (Humas Unesa)