25 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Setelah menjaring sumber daya manusia (SDM) yang tepat untuk mengisi bagian pengelola keuangan, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kemudian memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Keuangan yang berlangsung pada 22-23 Agustus 2022.
Hibowo, S.Kom., M.H., Koordinator Pokja Keuangan mengatakan bahwa kegiatan tersebut ditujukan agar para staf baru yang bergerak di bidang pengelolaan keuangan memiliki bekal yang matang dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “Terutama mengetahui bagaimana dasar-dasar pengelolaan keuangan negara, sehingga apabila mereka didistribusikan ke setiap fakultas maupun ke unit-unit yang ada di UNESA mereka sudah siap sepenuhnya,” ujarnya.
Para peserta juga diberikan bekal terkait penyusunan atau cara merancang sebuah sistem perencanaan keuangan. Selain itu mereka juga diberi materi dari narasumber yang berasal dari pokja pendanaan serta pokja umum dan aset. Sehingga dengan demikian, lanjutnya, mereka akan memiliki pengetahuan yang seimbang dan merata.
“Penyelenggaraan acara ini merupakan bagian dari kerja sama kita dalam mengimplementasikan sebuah modul baru dari Kementerian Keuangan. Lewat Bimtek ini, harapannya teman-teman ini bisa menjadi pasukan siap bagian keuangan yang tentunya dapat memberikan kinerja dan kontribusi terbaiknya untuk UNESA satu langkah di depan. Kinerja kita harus bagus, karena sebentar lagi jadi PTN BH,” tambahnya.
Dia menambahkan, modul yang dimaksud tersebut yaitu SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Instansi) yang menggabungkan banyak modul seperti modul komitmen, pembayaran, aset, persediaan dan pelaporan, hingga kepada tata cara pengelolaan keuangan dari awal hingga akhir untuk sebuah instansi secara rinci. Sehingga sirkulasi dari pendapatan umum suatu instansi baik dari jasa pendidikan, layanan, maupun kerja sama dapat berjalan dengan baik. [HUMAS UNESA]
Penulis: Saputra
Editor: @zam Alasiah*