20 November 2020


Unesa.ac.id, Surabaya- Rektor beserta wakil rektor dan dosen Universitas Negeri Surabaya melakukan kunjungan kerja ke Madiun pada Selasa (17/11) lalu. Dengan sejumlah protokol kesehatan ketat yang diterapkan, Walikota Madiun, Drs. H. Maidi S.H.,M.M.,M.Pd menyambut hangat rombongan rektor untuk melakukan pertemuan untuk mewujudkan inovasi peningkatan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Madiun.
Forum ini sekaligus menjadi sarana reuni antara Unesa dengan alumninya, Maidi. Setelah sebelumnya, Unesa telah melakukan kerjasama pengadan laptop, kini Kerjasama dioptimalkan sebagai bagian dari pembangunan kota. Sehingga dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai potensi kerjasama lain yang akan dirancang dan diimplementasikan.
“Dalam upaya mewujudkan perguruan tinggi memegang peranan penting untuk peningkatan Sumber Daya Manusia yang unggul. Dengan peringkat Unesa yang berada di 19 besar diantara 4000 perguruan tinggi di Indonesia, Unesa siap membantu meningkatkan kompetensi SDM agar Madiun menjadi lebih baik” ungkap Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.
Ia menambahkan, hal ini sejalan dengan tagline Unesa, yakni Satu Langkah di Depan, maka Unesa berkomitmen untuk bergerak cepat mewujudkan kolaborasi dan kreatifitas untuk mencetak berbagai inovasi dalam rangka memenangkan persaingan di era revolusi industri.
“Kami dari Pemkot Madiun mengucapkan terima kasih kepada Unesa karena telah membuat kegiatan sekolah daring semakin berjalan lancar. Ke depannya semoga dengan kerjasama ini kemajuan Kota Madiun akan semakin cepat dan progresif” ungkap Maidi.
Ia menambahkan, kini perubahan semakin cepat terasa setiap detiknya. Oleh karenanya, kerjasama antara suatu daerah dengan kampus penting untuk dilaksanakan. Mengingat, akademisi di perguruan tinggi adalah periset handal untuk menganalisis berbagai fenomena di berbagai bidang kehidupan masyarakat. “Kerjasama dengan kampus akan memberikan insight mengenai konsep yang harus dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat” tegasnya.
Selanjutnya, Unesa dan Pemkot Madiun akan menyusun grand design pendidikan. Berbekal Indeks Pembangunan Manusia yang cukup tinggi, yakni menempati urutan nomer tiga se-Jawa Timur , maka sejumlah kajian penelitian akan mulai dilakukan sebagai dasar membuat kebijakan yang nantinya akan mendapat tambahan usulan dan saran dari Unesa. Sehingga, kebijakan yang ditetapkan dan diterapkan nantinya akan menjadi sempurna. (Git)