27 October 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Kerjasama Universitas Negeri Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Magetan terus berlanjut. Selain berencana untuk mendirikan Kampus di Magetan, Kerjasama Pengembangan Pendidikan Pasca Sarjana dan Literasi dengan Unesa, selanjutnya pada pertemuan yang dilakukan di Pendopo Surya Graha Kabupaten Magetan pada Rabu (21/10) lalu juga membahas mengenai kondisi geografis Magetan sebagai potensi untuk pembangunan pariwisata edukasi olahraga.
“Magetan memiliki potensi pariwisata yang luar bisa. Salah satu yang terkenal adalah Sarangan, obyek wisata ini erat kaitannya dengan tracking. Begitupula di perbatasan dengan Madiun, akan banyak ditemukan pesilat-pesilat handal. Namun, di daerah lain juga berpotensi dikembangkan partisipasi olahraga lari dan bersepeda. Bahkan apabila masyarakat sudah siap, kita juga bisa membuat event lomba bersepeda tingkat nasional bahkan internasional di Magetan” ungkap salah satu Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Unesa sekalius pengembang pariwisata edukasi olahraga Kerjasama Unesa dan Magetan, Donny Ardi Kusuma, S.Pd., M.Pd.
Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa dalam pengembangan pariwisata edukasi olahraga ini juga akan melibatkan kerjasama dengan sekolah dalam upaya pencarian dan pelatihan calon-calon atlet berbakat juga menjalin sharing session dengan guru terkait pentingnya olahraga.
Selain itu, kerjasama juga akan melibatkan Tim dari Unesa, Pemerintah Kabupaten Magetan khususnya Dinas Pendidikan sebagai gudangnya siswa berprestasi, Dispora untuk mengembangkan riset dan implementasi sport tourism dan olahraga prestasi, KONI, MGMP Penjasorkes, Kelompok Kerja Guru, Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah dan Masyarakat di daerah sekitar.
“Sistem partisipasi ini dapat menguatkan upaya pengembangan pariwisata edukasi olahraga karena juga akan mengembangkan prestasi masyarakat Magetan di bidang olahraga, sehingga nantinya mereka dapat mengharumkan nama Magetan di tingkat Nasional maupun Internasional serta mengembangkan sektor pariwisata Magetan selain wisata alamnya” tutupnya.
Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan sektor pariwisata edukasi di Magetan. Saat ini, proses pengembangan sedang memasuki riset mendalam yang dilakukan oleh pihak-pihak berkaitan. Keunikan dari sport tourism dari Magetan ini nantinya akan dibungkus dengan prinsip sport science. (git)