19 August 2020


Berkat komitmen dan kerja sama semua pihak, Unesa kembali mendapatkan kenaikan peringkat klasterisasi perguruan tinggi Indonesia. Berdasarkan pengumuman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Selasa (18/8), Unesa naik dari peringkat 22 (tahun 2019) ke peringkat 19 di tahun 2020.
Dalam 4 tahun terakhir, Unesa selalu mengalami peningkatan pemeringkatan. Pencapaian tersebut merupakan bentuk komitmen serta tanggung jawab instansi pendidikan tinggi pada masyarakat. Dr. Sujarwanto, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, menjelaskan bahwa Unesa masih belum puas terhadap pencapaian ini.
“Kami selalu menarget sekuat kita. Pada tahun ini, kami menarget bisa meraih peringkat 21. Namun, alhamdulillah, kami justru mendapat peringkat 19. Semua ini diraih atas kerja sama semua lini Unesa. Namun kami belum puas. Persaingan antar PTN dan PTS akan terus terjadi,” ungkapnya.
Sejak tahun 2017, Unesa telah menganalisis dan mengevaluasi indikator-indikator pemeringkatan yang dikeluarkan oleh Dikti. Indikator tersebut adalah input, proses, output dan outcome. Melalui kriteria tersebut, terbentuklah baseline. Segala program yang dirumuskan akan mengacu dan mendekati kriteria-kriteria dalam baseline.
“Program dan produk dari tahun 2018 hingga 2020 kami selalu arahkan pada baseline tersebut. Terutama pada indikator outcome yang memiliki penilaian tinggi. Indikator outcome ini seperti mahasiswa berprestasi dan inovasi. Maka Unesa selalu mendorong dan mendukung penelitian, prestasi serta inovasi mahasiswa maupun dosen,” jelasnya.
Ke depannya, Unesa menarget untuk selalu naik peringkat melalui program dan langkah-langkah progresif. Walau perlahan, target utama Unesa adalah masuk dalam klaster 1 pemeringkatan Kemendikbud. Tidak hanya pemeringkatan nasional, Unesa juga menarget untuk naik di pemeringkatan internasional.
“Kita tidak bisa selalu berpaku pada pemeringkatan Kemendikbud saja. Kita juga menarget peringkat internasional. Paling tidak, Unesa dapat diperhitungkan di tingkat Asia,” ujarnya.
Lebih lanjut, Sujarwanto yang juga menjadi penanggung jawab tim pemeringkatan Unesa mengharapkan dukungan dan partisipasi semua pihak Unesa, mulai dari rektor hingga prodi, untuk mendukung kemajuan bersama. Melalui pemahaman internal dan kolaborasi, target menjadi realistis untuk dicapai. (Zhafran)