05 August 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang masih mewabah di berbagai daerah. Mahasiswa yang memogram KKN pada semester 7 diwajibkan KKN di daerahnya masing-masing.
Di Kabupaten Pasuruan, mahasiswa KKN kelompok 2 melaksanakan program disinfektan desa dan gerakan donasi 1000 masker pada Sabtu, 25 Juli 2020. Program disinfektan desa bertujuan untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Sedangkan progam gerakan 1000 masker bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker dengan disertai poster yang berisi fungsi masker, manfaat dan cara penggunaannya.
Kegiatan disinfektan ini dilakukan oleh semua anggota kelompok dibantu dengan warga desa, karang taruna serta relawan desa.
“Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan KKN Universitas Negeri Surabaya yang mengadakan program-program yang memberikan manfaat bagi desa jami pada situasi pandemi ini,” ujar Yuslimu, salah satu warga.
Sementara itu, Varra selaku Ketua KKN Kabupaten Pasuruan Kelompok 2 Desa Ranuklindungan juga menyampaikan rasa terimakasih kepada warga desa serta perangkat desa Ranuklindungan karena telah diterima dengan baik dan dapat menjalankan KKN program KKN yang sukses terlaksana.
“Harapan kami, semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa bekerja seperti biasa tanpa takut akan bayang-bayang virus Covid-19 serta kehidupan dapat berjalan normal seperti sedia kala,” ungkap Varra. (Madina/sir)