27 July 2020


Surabaya – Dalam rangka memperingat Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli kemarin, Universitas Negeri Surabaya bekerja sama dengan SEAMEO CECCEP menyelenggarakan webinar dengan tema ‘Kesehatan Mental Anak dan Orangtua serta Kaitanya dengan Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi’, Senin (27/7). Pada gelaran webinar kali ini, ada sebanyak 1250 lebih peserta dari 8 negara yang menyaksikan langsung pemaparan materi melalui platform youtube ini. Kedelapan negara yang diketahui telah bergabung dalam kegiatan webinar tersebut meliputi Filipina, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Brunei Darusaalam, Malaysia dan Myanmar.
Kegiatan webinar ini berhasil direalisasikan berkat MoU yang sudah terjalin sebelum pandemi covid-19 ini melanda Indonesia. Direktur SEAMEO CECCEP Dr. Dwi Priyono berharap jika kerja sama seperti ini harus terus digalakan sehingga misi yang sudah disepakati yakni membangun Indonesia melalui pendidikan anak usia dini bisa dicapai dengan sempurna.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., yang dalam acara ini mewakili rektor Unesa menyampaikan jika webinar ini bisa menjadi upaya aktif perguruan tinggi untuk mendukung Indonesia dan memaksimalkan kreativitas anak muda di masa pandemi seperti saat ini.
“Semoga bisa memberikan masukan yang konstruktif bagi masyarakat Indonesia dan peserta yang berpartisipasi” imbuhnya.
Adapun pemateri yang diundang dalam menyampaikan materi terkait tema antara lain, Muh. Reza, S.Psi., M.Pd., Dr. Rachma Hasibuan, Kartika Rinakit, M.Pd., Dr. Ruqoyyah Fitri, dan Wulan Saroinsong, Ph.D yang merupakan dosen dari PGPAUD Unesa. Serta Edi Rukmana selaku Kepala Divisi Riset dan pengembangan SEAMEO CECCEP dan terakhir Siti Sarah Hajar Nurfuadah, M.Pd., dari Academic & Teachers Development Advisor Binekas Playschool.
Terdapat 4 materi utama yang akan disampaikan oleh para narasumber. Materi pertama terkait dengan problematika, strategi dan solusi pada kesehatan mental anak dan orang tua di masa pandemi yang disampaikan oleh Muhammad Reza S.Psi., M.Si., Kartika Rinakit, S.Pd., M.Pd., dan Wulan Saroinsong, Ph.D. Materi kedua berkaitan dengan Penyiapan program pembelajaran yang sesuai dengan School From Home yang dipaparkan oleh Dr. Rachma Hasibuan dan Dr. Ruqqoyah Fitri. Materi ketiga yang berhubungan dengan dukungan orang tua pada pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi, dibawakan oleh Edi Rukmana. Dan materi terkahir, Siti Sarah Hajar Nurfuadah, M.Pd., yang membahas tentang Praktik Belajar dari Rumah (BDR) di Binekas Playschool Bandung. (Suryo)