11 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Panglima Kodam V/Brawijaya dan jajarannya berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Selasa, 9 Agustus 2022. Rombongan Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc., itu disambut rektor UNESA bersama jajarannya di Lantai 9 Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc., mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka persiapan agenda studium generale atau kuliah umum oleh Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., selaku Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) di UNESA yang rencananya akan diselenggarakan pada 2 September 2022.
“Nanti Pak KSAD (Dudung Abdurachman, red) sebagai salah satu pembicara kuliah umum dengan tema Menguatkan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Bangsa Bagi Para Generasi Z untuk Bergotong Royong Membangun Negeri Menuju Indonesia Harmoni,” ujarnya.
Rektor, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan bahwa kuliah umum merupakan bagian dari rangkaian kegiatan PKKMB. Tujuannya untuk membekali dan memotivasi mahasiswa dalam mengawali kegiatan akademik di UNESA. “Tentu anak-anak muda sangat membutuhkan sentuhan motivasi dan ilmu pengetahuan dari Pak KSAD. Ya sebagai penguatan karakter dan wawasan kebangsaan yang nantinya mendorong prestasi mahasiswa di kampus,” ujar Cak Hasan.
Rencananya, kuliah umum nanti dilaksanakan secara hybrid. Bukan hanya bagi mahasiswa baru, juga diperuntukan bagi para mahasiswa dan alumni. “Kita kemas secara hybrid. Ada sekitar 4.000 orang untuk offline dan lebih dari 40.000 mahasiswa ada alumni bergabung secara daring,” terangnya.
Tema yang diangkat dalam kuliah umum tersebut diambil sebagai salah satu langkah UNESA dalam memperkuat karakter kebangsaan mahasiswa sehingga tidak gampang terpengaruh oleh pikiran dan tindakan yang tidak senapas dengan nilai-nilai Pancasila. “Mahasiswa ini adalah calon pemimpin bangsa. Karena itu kita perlu siapkan dan kuatkan karakternya dari sekarang,” ujarnya lagi. [HUMAS UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam Alasiah*