31 May 2020


Unesa.ac.id, Surabaya – Untuk memberi informasi kepada calon mahasiswa baru agar tidak salah memilih jurusan, Unesa mengadakan Campus Talk Special Edition secara live streaming di Instagram @Official_Unesa pada Sabtu (30/5). Talkshow tersebut mengusung tema Bahas Asyik SBMPTN/UTBK dan Tips Memilih Jurusan dengan Tepat. Talkshow tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Vinda Maya Setianingrum, S.Sos, MA, Ketua Satuan Kehumasan Unesa dan Arie Khusumadewi, M.Pd, dosen Bimbingan Konseling Unesa.
Arie Khusumadewi, yang menyampaikan materi mengenai Tips Jitu Memilih Jurusan Kuliah mengatakan bahwa dalam memilih jurusan harus melihat dari 3 aspek yang disingkat menjadi KPK yaitu Kemampuan, Passion (minat), dan Kebutuhan pasar. Ia juga mengatakan bahwa memilih jurusan bukan dilihat dari tingginya passing grade atau peminat ke jurusan tersebut, melainkan pertama yang harus dilihat ialah kemampuan diri sendiri.
“Jika sudah mengetahui kemampuan, tinggal mengasah minat karena minat mudah diubah,” terang Arie.
Arie menambahkan, setiap mahasiswa yang kuliah pasti bertujuan untuk kerja. Oleh karena itu, mahasiswa harus tahu kebutuhan pasar yang dibutuhkan. Sehingga, saat lulus kuliah dapat dengan mudah mendapat pekerjaan.
“Agar mendapat jurusan yang tepat harus tenang dalam memilih. Mental harus tenang,” tambah Arie.
Sementara itu, Vinda Maya Setianingrum yang menyampaikan materi “Memahami Prosedur SBMPTN 2020” menginformasikan bahwa Unesa membuka tiga jalur pendaftaran yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.
Vinda menambahkan, karena adanya pandemi Covid-19, pendaftaran SBMPTN 2020 di Unesa saat ini digabung dengan UTBK. Jadi, calon mahasiswa baru yang telah mengikuti UTBK otomatis sudah mengikuti SBMPTN.
“Pendaftaran SBMPTN Unesa dari nilai UTBK langsung bisa mendaftar ke prodi yang diminati oleh calon mahasiswa baru,” paparnya. (IC/sir)