17 March 2020


Unesa.ac.id - Surabaya, Berawal dari menyibukan diri untuk mengisi waktu luang, Rizky Amaliyah berhasil meraih juara 2 dalam ajang Lomba Esai Mahasiswa Nasional di Universitas Riau, pada 26 – 29 Februari 2020. Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Sejarah ini harus bersaing dengan 15 finalis dari perguruan tinggi lain, diantaranya Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, dan lainnya.
Awalnya, mahasiswa yang akrab di sapa Amel ini tidak menyangka bahwa Esai yang ditulis bisa masuk ke tahap 15 besar. Sejak mendengar informasi tersebut, Ia langsung bertolak ke Riau untuk mempresentasikan hasil karyanya yang berupa prototype dan poster.
"Saat lomba berlangsung saya merasa gugup karena dari teman-teman yang lain, saya tergolong newbie dalam kepenulisan namun, lomba tersebut memberikan saya pengalaman baru dan bertemu orang yang memiliki minat yang sama dibidang kepenulisan," Kata Amel
Ide yang diajukan dalam lomba esai ini mengenai pembuatan museum mini di daerah Jabon Sidoarjo yg jauh dari pusat kota. Kemudahan teknologi yg seharusnya dapat dengan mudah diakses semua orang termasuk untuk mengakses budaya daerahnya, susah didapatkan di Jabon ini. Sehingga inovasi membuat museum mini untuk edukasi masyarakat cocok untuk diterapkan. Agar masyarakat daerah Jabon mengenal budayanya, terutama budaya Jawa Timur.
Selain itu, Amel berharap Mahasiswa lainnya juga berminat untuk mencoba mengikuti beberapa lomba, "Saya berharap agar teman-teman jurusan saya khususnya berminat untuk mencoba mengikuti lomba, karena dengan mengikuti lomba kita dapat mengunjungi daerah lain, bertemu teman baru, dan tentunya mendapatkan pengalaman," harap Amel. (Esti/Suryo)