26 February 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Program kerja sama antar institusi tentunya memberikan dampak yang sangat luar biasa, khususnya bagi perkembangan SDM dan pengetahuan pada suatu institusi. Seperti yang sudah terjadi belum lama ini. Unesa, khususnya Program Studi (Prodi) S3 Pendidikan Vokasi Pascasarjana agaknya sedang berlimang pengetahuan. Pasalnya, Prodi tersebut sedang menerima kunjungan dari Prof. Ming Chang Wu, Ph.D., Dekan dari College of Humanities and Applied Science, National Yunlin University of Science and Technology (NYUST), Taiwan.
Kunjungan Prof. Wu, ke Unesa adalah bentuk realisasi program kerja sama antara Unesa dengan NYUST dalam hal kunjungan professor. Selama berada di Pascasarjana, Prof. Wu, memberikan pengajaran mengenai mata kuliah manajemen, penilaian dan evaluasi, serta penulisan artikel ilmiah. Selama pembelajaran, Prof. Wu banyak memberikan pengetahuan yang tidak hanya berkaitan dengan mata kuliah yang diampunya. Prof. Wu bahkan memberikan pemaparan jika sudah sepantasnya suatu perguruan tinggi lebih aktif melakukan kerja sama, tidak hanya di dalam negeri, melainkan juga luar negeri. Tujuannya tidak hanya sekadar bertukar ilmu pengetahuan, melainkan juga sebagai wadah untuk mengembangkan diri serta mengenal dunia industri lebih dekat.
Saat ditanya terkait pendidikan vokasi, Prof. Wu menjawab jika seorang mahasiswa yang berasal dari pendidikan vokasi sudah sepantasnya langsung bisa bekerja di dunia industri. “Saya menyarankan siswa di pendidikan vokasi untuk langsung bekerja di industri karena memiliki keterampilan teknis yang baik,” ujar Prof. Wu.
Prof. Wu merupakan seorang Profesor yang turun langsung menyelami dunia industri melalui program magang yang dilakukannya, sehingga banyak sekali pengetahuan yang dimilikinya, khususnya dalam pembelajaran yang seharusnya diberikan pada mahasiswa yang menempuh pendidikan vokasi. Oleh karena itu, berulang kali ditegaskannya jika dalam hal ini, pendidikan tinggi, bahkan jika diperlukan, pemerintah juga turut ikut campur dalam mewujudkan atmosfer yang senada. Pemerintah sudah sepantasnya memberikan kebijakan insentif kepada universitas sebagai bentuk dukungan dalam menjalin kerja sama dengan industri. Pun dengan industri, sudah sepantasnya menyediakan fasilitas untuk universitas dalam upaya meningkatkan pendidikan. Kesempatan itu yang kemudian bisa dijadikan peluang bagi professor dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan seperti magang. (Humas Unesa)