19 February 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Kini Unesa Lidah Wetan resmi memiliki kantin baseball dan cafe container. Peresmian bangunan hasil kerja sama Unesa dengan Bank Tabungan Negara (BTN) ini telah dilakukan kemarin, Selasa (18/2) di Lidah Wetan.
Ada tiga pihak yang ikut terlibat dalam proses pembangunan kantin baseball 2 dan cafe container ini, yakni Unesa sebagai pengawas, BTN sebagai pihak yang mendanai, serta Jaya Abadi Kontraktor selaku pelaksana pembangunan. Selanjutnya, dengan diresmikannya kantin baseball 2 dan cafe container ini, maka resmi pula bangunan ini dihibahkan kepada pihak Unesa.
Bangunan kantin tersebut terdiri dari 1 foodcourt dan 7 cafe container dengan rincian 5 cafe berukuran kecil, 1 cafe berukuran sedang, dan 1 cafe berukuran besar. Kantin baseball 2 dan cafe container ini juga memiliki ruangan VIP yang dapat digunakan untuk menjamu tamu yang datang ke Unesa.
Sementara itu, akan ada perbedaan dalam sistem yang diberlakukan di kantin baseball 2 ini dengan kantin baseball yang ada di Ketintang. Makanan yang akan dijual di kantin baseball 2 ini hanyalah makanan siap saji, yang mana mereka (penjual) tidak diperbolehkan untuk memasak atau membawa alat masak, sebagai gantinya akan disediakan listrik. Berkaca dari sistem kantin baseball di Ketintang, banyaknya sampah serta bau tidak sedap yang menjadi alasan larangan itu dibuat. “Kelak kantin baseball Ketintang juga akan diberlakukan aturan yang sama, yakni makanan siap saji, masaknya di rumah,” ujar Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, S.Pd., M.T.
Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., berharap keberadaan kantin baseball 2 ini dapat melayani seluruh warga Unesa, tanpa pengecualian. Selain itu, hadirnya kantin baseball 2 dan cafe container ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu bisnis dan ruang pamer bagi teman-teman fakultas dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkan. Kelak jumlah cafe container akan ditambah dikarenakan banyaknya permintaan dari berbagai fakultas.“Kalau ada mahasiswa yang punya pacar misal dari ITS, bawa kesini, tunjukkan bahwa Unesa juga punya kantin yang representatif. Tidak kalah dengan kampus lain,” Ujar Nurhasan.
Sementara itu, Kepala cabang BTN Surabaya, Waluyo berharap hasil kerja sama ini bisa memberikan keberkahan untuk BTN serta Unesa. Ia juga mengatakan bahwa semua akan diserahkan kepada Unesa karena ini merupakan dharma bakti Bank BTN kepada Unesa.
Peresmian kantin baseball 2 dan cafe container ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor Unesa, lalu dilanjutkan dengan tanda tangan berita acara penyerahan dan pemotongan tumpeng oleh Rektor Unesa kepada pihak BTN. (has/ic/ay)