17 February 2020


Unesa.ac.id – Surabaya, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan diselenggarakan di Papua 20 Oktober mendatang nyatanya memiliki kisah lain. Sampi saat ini, pembangunan venue/tempat dihelatnya pertandingan masih terus dilaksanakan. Meskipun perkembangan pembangunan tersebut sangat pesat, namun tidak semua venue menjajikan dapat terlaksananya pertandingan pada PON 2020, sehingga tidak semua cabor bisa dipertandingkan di Papua.
Terkait hal tersebut, hari ini, (17/2) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan kunjungan ke Jawa Timur, khususnya ke Unesa. Kunjungan yang dilakukan ini bertujuan untuk meninjau lokasi yang nantinya akan digunakan sebagai lokasi pelaksanaan PON 2020. Unesa dipercaya menjadi tuan rumah atas 7 cabor yang dipertandingkan dalam PON 2020, yakni bridge, dansa, gateball, petanque, soft tenis, tenis meja, dan wood.
Pemilihan Unesa menjadi lokasi diadakannya pertandingan cabor tersebut bukan tanpa sebab. Zainudin menilai jika Unesa merupakan salah satu instansi yang mumpuni, dalam hal ini berkaitan dengan tempat pelaksanaan cabor terkait.
“Saya datang kesini, diskusi dengan Rektor, dan Dekan, serta dosen Fakultas Keolahragaan. Kita mau mengetahui tentang apa saja yang ada disini dan program apa kedepannya, dan selanjutnya kita akan mendorong supaya Unesa menjadi pusat sport science nasional, karena disini ada berbagai peralatan, nanti kita tinggal dorong dan inves peralatannya,” ujar Zainal.
Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyambut positif atas terpilihnya Unesa sebagai tempat pelaksanaan PON 2020. Menurut Nurhasan, ini merupakan bentuk kontribusi Unesa dalam mendukung suksesnya kegiatan PON 2020.
Pertemuan yang dilakukan di Ruang Rektor lantai 8 Gedung Rektorat ini juga dihadiri oleh Sahat Tua Simanjuntak, S.H., Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Dr. H. Kodrat Sunyoto, M.Si., Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur, dan Adam Rusydi, S.Pd., alumni Unesa sekaligus Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur.
Selain mendiskusikan rencana pelaksanaan 7 cabor yang dipertandingkan pada PON 2020, Zainal Amali mengakhiri perjalanannya di Unesa dengan menyempatkan diri melakukan kunjungan ke sport science fitness center (SSFC). (ay/sir/dani)