10 February 2020


Unesa.ac.id – Surabaya, Dalam rangka meningkatkan budaya literasi media dan memperingati Hari Penyiaran Nasional, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berkolaborasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) menggelar acara bertajuk Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa, Cerdas Bermedia Menuju Siaran Berkualitas, (07/02).
Dipandu oleh presenter SCTV biro Jawa Timur Sinta Noza, acara yang bertempat di Auditorium lantai 11, Gedung Rektorat Unesa, dihadiri lebih kurang 300 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, tenaga pendidik, dan masyarakat umum. Melalui acara ini, diharapkan masyarakan bisa memahami siaran berkualitas serta cerdas dalam menggunakan media sebagai sarana edukasi.
Sejumlah tokoh juga turut hadir dalam acara ini, diantaranya Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes., Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid, Kepala Bidang Komunikasi Publik Provinsi Jawa Timur, Danu Ardhiarso, S. Stp., Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan Hardly Stefano Pariela, Nuning Rodiah, Yuliandre Darwis, Sekretaris Jendral Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Gilang Iskandar, Komisioner KPI daerah Jawa Timur, serta aktor senior kawakan, Dedi Mizwar.
Nurhasan dalam sambutannya menyatakan kesiapannya mendukung KPI dalam rangka meningkatkan budaya literasi media.
“Saya akan siapkan Piala Rektor khusus untuk mendukung konten-konten yang diselenggarakan KPI. Perlombaan mengenai literasi maupun sejarah agar generasi mileniel tidak terlena dengan perkembangan zaman,” ujar Nurhasan.
Sementara itu, Meutya Hafid berharap masyarakat bisa saling berkomitmen dalam menjaga penyiaran dan literasi Indonesia. Sumbangsih masyarakat dalam membantu kinerja KPI sangat diperlukan agar penyiaran indonesia senantiasa memberikan sajian yang berkualitas, bukan hanya sekadar tontonan. (mufti/hasna/ay)