04 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Unesa Career Center (UCC) melaksanakan sosialisasi dan koordinasi Coaching Clinic dan Teknis Bazar Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 2022 secara daring pada Senin, 1 Agustus 2022. Ini menjadi langkah menuju pembukaan Coaching Clinic bagi peserta lomba skala nasional yang bakal digelar dalam waktu dekat ini.
Septina Alrianingrum selaku ketua Divisi Kewirausahaan UCC memaparkan selain lomba juga ada kesempatan berwirausaha melalui program wirausaha merdeka. Mahasiswa yang terlibat akan magang bersama universitas lain untuk mengembangkan wirausaha. “Kesempatan magang di universitas lain berlaku untuk mahasiswa yang didanai maupun yang tidak didanai,” paparnya.
Dia melanjutkan, sejumlah lomba yang bakal diadakan di antaranya ‘Unesa Business Competition’ atau ‘UBC.’ Bagi mahasiswa UNESA yang telah didanai diperbolehkan mengikuti lomba ini. Syaratnya mengajukan judul proposal yang berbeda (pengembangan produk usaha PMW yang didanai).
Sedangkan bagi mahasiswa UNESA yang belum didanai berkesempatan mengikuti UTU Awards atau lomba bisnis kewirausahaan berskala internasional dan diselenggarakan Universitas Teuku Umar, Aceh. “Dimohon buat mahasiswa yang tertarik mengikuti UTU Awards mencermati teknis atau langkah-langkah UTU Awards dari pembina-nya langsung,” kata Septi.
Tanggal Penting UBC
Adapun jadwal UBC 2022, yakni sosialisasi pada 18-29 Juli 2022, pendaftaran pada 18 Juli-2 September 2022, seleksi babak penyisihan pada 9—15 September 2022, pengumuman finalis pada 16 September 2022, dan finalnya pada 24 September 2022.
Kriteria Penilaian proposal sekaligus video terdiri dari dua kategori, yakni kategori ‘Scale Up Business’ dan ‘Start Up Business.’ Kategori ‘Scale Up Business’ dinilai berdasarkan orisinalitas produk; inovasi dan kreativitas produk; kesiapan produk; serta kelayakan implementasi produk, pasar, operasi, dan sumber daya manusia (SDM).
Sedangkan pada kategori ‘Startup’ dinilai berdasarkan orisinalitas bisnis; inovasi dan kreativitas bisnis; aspek pengembangan bisnis; serta Kelayakan implementasi produk, pasar, operasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM).
Kemudian untuk program wirausaha merdeka, mahasiswa dapat membuka aplikasi wirausaha merdeka, lalu mendaftar, dan menunggu panggilan. Apabila ada mahasiswa yang berhasil diterima, selanjutnya BELMAWA akan memberikan modal. “Kami berharap mahasiswa yang diterima mampu menjadi juara di rumah sendiri serta dapat berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya,” harap Septi.
Fendi Achmad dari UCC memaparkan bahwa UTU Awards itu merupakan event tahunan yang diadakan oleh Universitas Teuku Umar. Kegiatan UTU Awards berada di bawah naungan BELMAWA atau Puspresnas dan tahun ini menginjak tahun ke-8. Kegiatan di UTU Awards berkaitan dengan kegiatan kewirausahaan.
Tahun kemarin UNESA mengikuti event ini. Ada dua belas tim dan hanya ada satu tim saja yang lolos dalam babak final atau paparan presentasi. Diharapkan tahun ini UNESA bisa mengutus juara umum, karena kurun lima tahun terakhir juara umumnya diraih oleh Universitas Brawijaya.
Tanggal Urgen UTU Award
Adapun kategori kompetisi yang dilombakan meliputi riset kewirausahaan, perencanaan bisnis, produk inovatif berbasis agro dan marine industry, dan desain toko online. Pendaftaran UTU Award dibuka sampai 2 September 2022; online desk evaluation pada 3-17 September 2022; pengumuman 10 besar nominasi 18 Oktober 2022; presentasi nominator 1 November 2022, ditutup dengan malam anugerah The 7th UTU Awards.
Ada empat kategori pemenang UTU Awards, yakni juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, serta juara harapan 2. Sosialisasi ini diikuti Ketua Satuan Unesa Career Center, Program Vokasi Unesa, pembina UKM Kewirausahaan Unesa, dekan selingkung Unesa, dan mahasiswa-mahasiswa kewirausahaan. [HUMAS UNESA]
Penulis: Fionna Ayu Shabrina
Editor: @zam Alasiah*