03 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) 804, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mojokerto mengadakan sejumlah kegiatan di antaranya cek kesehatan gratis dan penyuluhan pangan bagi pemilik industri rumah tangga di Desa Gumeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto pada 19-23 Juli 2022.
Anie Sri Wilujeng perwakilan Disperindag Mojokerto mengatakan bahwa selain penyuluhan juga dilakukan penjaringan produk industri rumah tangga khususnya di Desa Gumeng untuk didaftarkan pada website. “Semoga perangkat desa dan teman-teman mahasiswa dapat mengawal ibu-ibu dalam mendaftarkan produknya untuk mendapatkan legalitas usaha,” ujarnya.
Penanggung jawab kegiatan, Aisya Audrey Loretta mengatakan bahwa penyuluhan tersebut merupakan bagian dari sejumlah rangkaian program Karya Bakti Satmenwa 804 UNESA di sana. Kegiatan lainnya juga ada pendidikan-pengajaran, menwa mengabdi, pembuatan spot foto, sosialisasi karang taruna, hingga jika aku menjadi dan lomba tumpeng masyarakat desa.
Kegiatan yang melibatkan sekitar 30 anggota Satmenwa 804 UNESA itu bertujuan untuk membantu masyarakat desa khususnya di Gumeng dalam menggali potensi desa secara maksimal menuju masyarakat desa yang berdaya, mandiri dan maju. “Ini sebagai cara kami belajar memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat,” ujar Dansatgas Karya Bakti 2022.
Dia melanjutkan, untuk agenda pendidikan dan pengajaran mereka menyasar TPQ dan di SDN Gumeng dan kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap sore. Sementara untuk cek kesehatan gratis mereka bekerja sama dengan jajaran dinas kesehatan (dinkes) setempat. “Kegiatan ini diikuti sebagian besar masyarakat tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan dan sadar terhadap gejala-gejala gangguan kesehatan,” ujar Ismijati Badriah perwakilan dinkes setempat.
Kemudian lewat program “Jika Aku Menjadi” anggota satgas terjun langsung ke lapangan guna membantu meringankan pekerjaan dan usaha masyarakat dalam bidang pertanian dan UMKM. Lalu berbagi semangat melalui giat outbound dan fun game bersama anak-anak desa.
Vandi Akhmad selaku Komandan Satmenwa 804 UNESA berharap kegiatan ini bisa memberi manfaat untuk masyarakat. Selain itu juga menjadi bagian penting dalam proses pendidikan dan internalisasi nilai bela negara pada anggota dalam berkontribusi untuk masyarakat dan bangsa. “Harapannya kerja sama ini bisa mengembangkan potensi dan memajukan desa,” harapnya. [HUMAS UNESA]
Penulis: Reyka Ayu
Editor: @zam Alasiah*