09 January 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Education Fair (Edufair) 2020 yang dilaksanakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Gresik sukses terselenggara. Acara yang diselenggarakan di Gedung Wisma A.Yani Semen Gresik ini berhasil menyedot ribuan animo siswa SMA/SMK dan MA di Kabupaten Gresik.
Kegiatan ini melibatkan 56 perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Tidak hanya dari Jawa Timur, perguruan tinggi yang ikut juga ada dari Jawa Tengah bahkan dari luar negeri.
Ketua pelaksana Edufair 2020 MGBK Kabupaten Gresik Muhamad Bashori mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi serta sarana edukasi terkait kehidupan kampus kepada para siswa yang hadir.
“Kegiatan ini tujuannya untuk menjembatani antara siswa dengan perguruan tinggi, selain itu perguruan tinggi yang diundang dalam acara ini tidak hanya dalam bidang akademis ada juga dari bidang vokasi serta bimbingan yang mencetak generasi yang siap kerja,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Puji Astuti berpendapat kegiatan ini sangat menarik dan banyak manfaat bagi seluruh siswa. Dalam sambutannya ia berpesan untuk seluruh siswa yang hadir agar memilih perguruan tingggi sesuai dengan kemampuan dan potensi siswa bukan karena ikut-ikutan.
“Persiapkan diri memilih perguruan tinggi yang terbaik sesuai dengan keinginan kalian dan kemampuan kalian jangan karena ikut2an teman. Jika sudah memilih perguruan tinggi fokuskan kemampuan kalian di bidang yang telah dipilih,” pungkasnya.
Sementara itu Universitas Negeri Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang ikut serta dalam edufair ini menjadi sasaran utama para pengunjung. Dalam hal ini siswa yang datang ke both Unesa lebih memfokuskan pertanyaan terkait jalur masuk serta edukasi mengenai kehidupan kampus.
Koordinator dari Unesa, Eva Kristinawati, M.Si., menjelaskan animo peserta di Gresik pada Unesa cukup tinggi. Mereka datang silih berganti hingga antrian mengular di both Unesa. Eva juga mengcupakan banyak terima kasih kepada tim MGBK Kabupaten Gresik yang turut mengundang Unesa. Ia berharap dengan terselelenggaranya kegiatan ini dapat menjadi pondasi para siswa untuk membangun masa depannya dengan memilih perguruan tinggi yang berkualitas.
“Kami (Unesa) sangat bangga dengan animo peserta yang cukup banyak. Apa lagi Unesa menjadi sasaran utama mereka dalam menggali informasi. Semoga kegiatan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang berharga bagi siswa yang akan melankutkan ke perguruan tinggi,” jelas Eva. (why)