30 December 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Seperti yang kita ketahui, masa anak usia dini sering disebut dengan istilah ”golden age” atau masa keemasan. Pada masa ini hampir seluruh potensi anak mengalami masa peka untuk tumbuh dan berkembang secara cepat dan hebat. Potensi anak yang sangat penting untuk dikembangkan. Potensi-potensi tersebut meliputi moral-agama, kognitif, bahasa, sosio-emosional, kemampuan fisik-motorik, beserta seni.
Namun di era digital ini, kegiatan bermain anak lebih banyak menggunakan teknologi dan hal tersebut dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif bagi anak. Dapat kita ketahui pula bahwasannya sekarang ini lagu anak sulit untuk dijumpai dan jarang diciptakan lagu untuk anak. Anak-anak lebih sering mendengarkan lagu-lagu populer yang membahas percintaan dan tidak sesuai pada umurnya.
Demi membantu pemberian stimulasi yang baik bagi anak, maka mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA mengadakan acara Pementasan dan Lomba Musik Anak Usia Dini yang diselenggarakan Sabtu 21 Desember 2019. Acara tersebut diikuti oleh kurang lebih 86 peserta. Lagu-lagu yang dibawakan oleh peserta juga merupakan lagu-lagu ciptaaan mahasiswa dan Ibu Dra. Nurhenti Dorlina Simatupang, M.Sn., selaku dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Musik AUD.
Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan orangtua, pendidik, dan masyarakat luas akan mengetahui betapa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat diisi dengan segala bentuk kegiatan untuk mengoptimaalkan perkembangan potensi buah hati mereka salah satunya melalui lagu dan musik.
Galuh selaku ketu pelaksana kegiatan mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kreatifitas seni mahasiswa PGPAUD melalui Musik AUD, serta menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dalam membentuk moral velue melalui lagu AUD.
“Yang paling utama adalah memberikan edukasi kepada para uorang tua tentang betapa pentingnya lagu AUD bagi tumbuh kembang anak,” ungkap Galuh. (why)