18 December 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Jawa timur mempercayakan UNESA sebagai tempat penyelenggara Kejuraan Nasional Cricket U-19 tahun 2019. Sebagai cabang olahraga baru di Indonesia, belum banyak tempat yang mencapai standar untuk bisa dijadikan sebagai tempat kejuaraan khususnya di Jawa Timur. Oleh karena itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mempercayakan UNESA sebagai tempat penyelenggara.
KONI Jawa Timur, Dudi Hariyanto membuka Kejuaraan Nasional Cricket U-19 di Lapangan Rektorat UNESA, (14/12). Kejuaraan yang diikuti oleh 112 peserta ini menjadi kejuaraan ke-4 di Indonesia.
Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., dalam sambutannya menyatakan bahwa Unesa senantiasa membuka pintu untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan semacam kejuaraan. “Tinggal koordinasikan saja dengan KONI Jawa Timur dan pihak kami,” ujarnya.
Firmansyah Afi selaku General Manajer Persatuan Cricket Indonesia (PCI) menyatakan bahwa Jawa Timur baru kali pertama dijadikan sebagai lokasi kejuaraan nasional cricket. Selain Jawa Timur, Kalimantan dan juga Bali menjadi lokasi yang lebih dulu dijadikan sebagai lokasi kejuaraan nasional cricket sebelumnya.
“Sebelum kepilihnya Jawa Timur nih, saya sudah berkoordiansi dengan Bapak Imam, beliau memberikan gambaran kepada saya mengenai kondisi terupdate fasilitas olahraga di Jawa Timur untuk kejuaran ini, contohnya aja lapangan Unesa ini,” tutur Firmansyah.
Selain dalam hal lapangan, Jawa Timur juga memiliki sarana dan prasarana yang sangat bagus seperti penginapan untuk para atlet yang relative dekat dengan tempat kejuaraan. Namun, sebagai cabang olahraga yang baru, khususnya di wilayah Jawa Timur, ada beberapa perlengkapan yang masih kurang. Oleh Karena itu, PCI pusat terus menggali dan mengembangkan fasilitas untuk olahraga cricket agar kedepannya Indonesia mampu menciptakan atlet-atlet cricket yang memiliki standart internasional. (Nop/ay)