06 December 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Week of Sharia Economic Exhibition (WeSHARE) telah terlaksana dengan lancar. WeSHARE sendiri memiliki beberapa cabang lomba yakni Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI), Lomba Debat, Lomba Poster, Lomba Video, dan Olimpiade Ekonomi Islam.
Untuk kategori Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam WeSHARE diadakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 2-5 Desember 2019. Tim Unesa yang beranggotakan Zidni Maziyyah dari Manajemen 2018, Ibnu Affan dari Ekonomi Islam 2018, dan Nopi Susanti dari Ekonomi Islam 2018 telah berhasil meraih Juara 2 LKTIN WeSHARE 2019. Ada 10 finalis yang menjadi bagian dalam acara ini diantaranya Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, UIN Sumatera Utara, Universitas Mataram, Universitas Gunadarma 2 tim, Universitas Padjajaran, IAIN Pekalongan, Universitas Indonesia.
Nopi dan kawan-kawan berhasil meriah juara berkat ide cemerlang mereka. Mereka mengangkat judul implementasi Platform Crowdfunding wakaf berbasis Blockchain dalam pembangunan indonesia islamic science park.
Latar belakang diangkatnya ide tersebut karena dalam perencanaan Indonesia islamic park akan dibangun di kaki jembatan Suramadu yang mana untuk merealisasikannya akan membutuhkan dana yang sangat besar tanpa menjadi beban dari APBN. Maka dari itu, mereka memberikan solusi yaitu dengan menggunakan wakaf. Pengelolaan wakaf menggunakan teknologi blockchain yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya tidak menggunakan pihak ketiga sebagai perantara sehingga dapat memotong alur birokrasi.
“Penggunaan teknologi blockchain ini juga mempunyai keunggulan transparansi. Jadi para wakif nantinya akan mengetahui jumlah uang yang diwakafkan, penggunaannya untuk apa saja, serta penyalurannya ke siapa aja. Datanya pastinya sangat akurat,” jelas Nopi.
Sebagai informasi presentasi dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2019, dan Unesa memperoleh nomor urut 2 dalam pemaparannya. Pada tanggal 5 Desember 2019 acara Closing WeSHARE diadakan dengan agenda acara pengumuman juara. Cabang Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) diumumkan bahwa juara 1 dari Universitas Padjajaran, juara 2 dari Universitas Negeri Surabaya, dan juara 3 dari Universitas Gunadarma. (madina/why)