04 November 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Penumbuhan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa menjadi penting dalam memberikan pengertian usaha pembangunan ekonomi. Kalangan mahasiswa atau para pemuda dalam era ini dijadikan fokus untuk menjadi penggerak roda ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan pemberdayaan SDM. Dapat diketahui persaingan dunia kerja di era global semakin kompetitif. Untuk itu kalangan muda diharapkan dapat membuat ide gagasannya yang dituangkan dalam dunia usaha.
Untuk itu Dosen pembina mahasiswa dan BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan dan Alam mengadakan Entrepreneur Fair 2019 di depan D1 FMIPA (01/11). Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Developing Local Genius Through Ecopreneurship” dengan latar belakang peranan UKM di Indonesia sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.
Sambutan yang pertama disampaikan oleh Abu Zainuddin, S.Pd.,M.Pd. Harapannya mahasiswa Unesa tidak hanya berfokus menjadi seorang guru. Namun harus menambah pundi-pundi masa depan dengan membuka peluang usaha. “Harapan kami, selaku dosen FMIPA, lulusan Unesa tidak hanya jadi guru saja, tetapi bisa juga membuka usaha sendiri untuk menambah penghasilan,” ujar Abu.
Hal tersebut juga disepakati oleh Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik saat memberi sambutan. Menurutnya peluang usaha yang digagas oleh mahasiswa dengan penuh inovasi dan kreasi dapat menjadi jalan untuk mereka dalam membuka peluang usaha di dalam masyarakat. Selain belajar mereka juga diwadahi dengan pemberian materi kewirausahaan dari kampus untuk memantabkan inovasi yang mereka miliki.
“Kewirausahaan itu sangat bagus untuk mahasiswa. selain mereka menerima materi utama dalam keilmuannya saat kuliah mereka juga disuguhi dasar-dasar dalam berwirausaha,” ungkapnya.
Sari Kusuma Dewi, S.SI., M.SI yang merupakan ketua pelaksana dalam acara Entrepreneur Fair 2019 menuturkan tujuan diadakannya acara ini adalah menumbuhkan semangat entrepreneur muda di dalam jiwa mahasiswa FMIPA dan masyarakat umum sebagai sarana untuk mewadahi mahasiswa dalam berwirausaha dan mengembangkan misi FMIPA Unesa sebagai kampus konservasi yang berorientasi wirausaha.
Ada 3 juri dalam penilaian bazar tahun ini, juri pertama adalah Dwi Nur Yunianti, S.Si., M.Sc dari Jurusan Matematika, Mauren Gita Miranti, S.Pd., M.Pd., dari Jurusan Tata Boga, dan juri yang terakhir dari jurusan biologi yaitu Pramita Yakub, S.Pd.,M.Pd. (Aida/why)