13 September 2019


Unesa.ac.id,Surabaya – Pelatihan Overview Audit dan Review Sistem Pelaporan oleh Satuan Pengawasan Internal Universitas Negeri Surabaya (SPI Unesa) telah digelar. Warkshop yang diadakan sebagai bentuk upaya untuk memahami tata cara melakukan overview audit dan penyusunan sistem laporan keuangan tersebut berlangsung selama dua hari di Meeting Room Lt.7 Best Western Papilio Hotel, Jl. Ahmad Yani No.176-178, Gayungan, Kota Surabaya.
Hari pertama diawali dengan materi tentang Overviu Audit, penyusunan Laporan hasil audit, diskusi penyusunan laporan hasil audit, Reviu RKA KL (Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran), dan Diskusi Reviu RKA KL (Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran) oleh Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenristekdikti Wilayah II. Sedangkan, dihari kedua, dilanjutkan materi mengenai Reviu Laporan Keuangan BLU, Reviu Laporan Keuangan SAIBA, Evaluasi LAKIN, dan Evaluasi SAKIP oleh Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenristekdikti Wilayah II.
Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 orang yang terdiri dari Bagian Umum, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, dan Satuan Pengawasan Internal. Turut hadir Ketua SPI Prof. Dr. Leny Yuanita, M.Kes., Kabiro BAKPK Dra. Ec. Ratih Pudjiastuti, M.Si., dan Kabiro BUK Drs. Budiarso, M.M.
Sementara itu, Gana Haditsurya, SE., M.Ak., QIA., Auditor Madya Inspektor II Inspektorat Jenderal (Itjen) KementristekDikti menjelaskan Review RKA-K/L adalah suatu penelaahan atas penyusunan dokumen rencana keuangan yang bersifat tahunan berupa RKA-K/L oleh auditor APIP yang berkompeten untuk memberikan kenyakinan terbatas.
“Tujuan Reviu RKA-K/L ini adalah untuk memberikan keyakinan mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan, bahwa informasi dalam RKA-K/L yang harus sesuai dengan RKP, Renja K/L, dan Pagu Anggaran, serta kesesuaian dengan standar biaya dan dilengkapi dokumen pendukung RKA-K/L,” jelas Gana.
Gana berharap para Tim RKA-K/L mampu melakukan dan memenuhi kompetensi dalam memahami sistem perencanaan pembangunan nasional, memahami tata cara penyusunan RKA-K/L, memahami perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dilingkungan RKA-K/L, memahami bagan akun standar, memahami proses bisnis atau tugas dan fungsi unit yang direviu, menguasai teknik komunikasi, memahami analisis data, dan menguasai dasar-dasar reviu. (sh)