25 July 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Kantor Urusan Internasional (KUI) UNESA kembali melaksanakan seleksi wawancara bagi pelamar International Student Scholarship (ISS) 2022 pada Senin (18/07/2022). Acara yang dilaksanakan secara daring itu dihadiri wakil dekan bidang akademik selingkung UNESA, ketua jurusan dan dosen yang bersangkutan.
Seleksi wawancara ini diikuti sekitar 34 calon mahasiswa asing untuk program sarjana, magister dan doktor dari beberapa negara seperti Rusia, Spanyol, Pakistan, Bangladesh, Timor Leste, Sri Lanka, Thailand dan beberapa negara Asia lainnya.
Kepala KUI Asrori, S.S., M.Pd., mengatakan bahwa ISS merupakan program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa internasional untuk belajar di UNESA. Lewat beasiswa ini, UNESA memberikan biaya kuliah, asrama dan program bahasa Indonesia gratis bagi para awardee-nya.
“Beasiswa ini tersedia dalam beberapa skema kalau berdasarkan durasinya. Ada skema satu tahun untuk program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), lima tahun untuk program sarjana, tiga tahun untuk magister dan empat tahun untuk doktor.
Selama proses wawancara calon mahasiswa diarahkan ke breakout room satu persatu. Proses wawancara dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama bersama ketua jurusan. Pada tahap ini peserta ditanya seputar motivasi studi lanjut dan tujuan belajar.
Kemudian sesi kedua bersama tim KUI yang bertanya seputar administrasi.Tahapan wawancara ini merupakan tahap seleksi akhir yang bertujuan untuk menjaring secara ketat calon mahasiswa internasional yang berhak dan memenuhi kualifikasi untuk memperoleh beasiswa ISS 2022.
“Setiap tahun mahasiswa asing yang berminat kuliah di UNESA semakin meningkat lewat berbagai program yang tersedia. Seleksi ketat tentu dilakukan. Hanya yang memenuhi kualifikasi saja yang berhak mendapat beasiswa studi di sini (UNESA, red),” tandasnya. [HUMAS UNESA]
Penulis: Wulida
Editor: @zam Alasiah*