23 July 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Muhammad Yusuf Pebriansyah salah satu mahasiswa Unesa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa berhasil meraih juara ketiga dalam Lomba Dalang Remaja Majapahit yang diselenggarakan oleh PTD Universitas Airlangga. Yusuf harus bersaing dengan seluruh dalang remaja dari Yogya, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dalam even ini Yusuf telah berhasil melangkah hingga tahap akhir. Di tahap pertama merupakan seleksi dari ratusan peserta yang mengirimi video pementasan, selanjutnya pada tahap kedua di saring menjadi tujuh peserta yang mengikuti pentas live pertunjukan dalang di Pendopo Taman Budaya, Surabaya. Dari tujuh yang lolos Yusuf termasuk salah satunya.
Saat pementasan Yusuf didukung dengan iringan gamelan dan sinden dari Sanggar Bharada Jurusan Bahasa Jawa, FBS. Dengan kepawaeannya, Yusuf percaya diri dalam memainkan wayang sesuai dengan cerita yang ia bawakan. Namun dewan juri berkehendak lain, dalam perolehan juara, Yusuf mendapatkan juara ketiga dan juara pertama behasil disabet oleh mahasiswa ISI Yogya.
“Menurut saya ini pencapaian yang luar biasa meskipun memperoleh juara ketiga, setidaknya saya telah lolos hingga tahap akhir dari ratusan peserta lainnya, semoga kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi,” ujar Yusuf.
Persiapan Yusuf dalam mengikuti even tersebut tidak main-main. Ia harus melakukan latihan selama dua jam setiap hari. Dengan polesan dingin dosen pendamping Yohan Susilo, S.Pd., M.Pd., dan Siswantoro, S.Pd., Yusuf mampu mengasah kemampuan terbaiknya.
Yusuf berharap dapat even selanjutnya dapat menorehkan prestasi yang lebih baik dan akan terus memperbaiki kesalahan dari even sebelumnya. (why)