10 July 2019


Unesa.ac.id –Surabaya, Memiliki kepedulian terhadap kesehatan merupakan hal penting dan wajib untuk semua orang. Selain mengatur pola hidup yang sehat tentunya harus mengenal kondisi dalam diri. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah segala macam penyakit yang datang. Di antara banyak penyakit, kanker menjadik momok yang menyeramkan bagi semua orang, khususnya pada perempuan.
Diketahui, kanker yang menimpa wanita Indonesia semakin bertambah. Kanker pada wanita tidak mengenal usia. Muda dan tua dapat terjangkit penyakit tesebut. Untuk itu, wanita di Indonesia perlu wasapada dan memiliki pemahaman terkait masalah kanker.
Mengingat pentingnya hal ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Surabaya menggelar pertemuan serta talkshow mengenai “Penyuluhan Tentang Kanker dan Kesehatan Seputar Wanita” di Aula Srikandi I6, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Kampus Ketintang.
Dalam kegiatan ini, peserta yang termasuk anggota DWP dijelaskan resiko penyakit kanker, sehingga sangat penting untuk waspada dan memiliki kemampuan dalam mendeteksi penyakit sejak dini. Jangan sampai penyakit kanker terdeteksi ketika sudah mencapai tahap yang cukup parah, karena itu berbahaya.
Menurut Ketua DWP Unesa, Dra. Endah Purnomowati Nurhasan, M.Pd., peran kesadaran wanita dalam paham terhadap kanker sangat dibutuhkan, mengingat penderita kanker dikalangan wanita cukup besar. Untuk itu, dalam kegiatan ini juga memberikan sedikit gambaran terkait ganasnya kanker pada wanita.
“Saya sangat mendukung dengan adanya kegiatan seperi ini agar kita sebagai kaum wanita dapat sadar betapa pentinnya mengetahui gejala-gejala penyakit kanker”, ujar Endah.
Hal serupa juga ditegaskan oleh Ngenawati Totok Suyanto, selaku Ketua Sub Unit DWP FISH Unesa. Ngenawati menegaskan bahwa kanker yang dialami oleh wanita masih banyak terjadi, sebut saja kanker payudara dan kanker rahim. Kedua kanker ini sangat signifikan terjadi di kalangan perempuan. Oleh karena itu, dirinya dengan segenap anggota DWP diberikan pencerahan terkait kanker untuk bisa mencegah dan melakukan tindak lanjut jika terkena kanker.
Acara ini menghadirkan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dan Estiningtyas Nugraheni, SKM., MARS., dari Fatma Foundation yang bergerak dalam bidang penanganan kanker pada wanita. Tidak hanya itu, dalam talkshow ini, peserta yang hadir juga diberikan edukasi untuk melek terkait pentingnya kesehatan bagi tubuh, khsusunya untuk wanita yang sudah menginjak umur 30 tahun ke atas. (why/tni/ay)