09 July 2019


Unesa.ac.id - Surabaya, Kemarin (8/7), lebih kurang 262 mahasiswa (selanjutnya disebut sebagai yudisiawan/wati) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menghadiri acara yudisium di Gedung O5 lantai 3. Acara ini merupaka agenda yudisium kali ke-2 yang dilaksanakan FIP di tahun 2019. Yudisium merupakan bagian terpenting dalam perjalanan selama menjadi mahasiswa, karena dalam acara ini, calon yudisiawan/wati akan menerima penetapan kelulusan dan siap untuk lanjut ke tahap wisuda. Dalam kegiatan ini, turut hadir pula Dekan FIP, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Wagino, M.Pd., Wakil Dekan Kemahasiswaan, Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd., Kajur dan Kalab selingkung FIP, tujuh Guru Besar, orang tua mahasiswa yang berprestasi, serta beberapa alumni yang dinilai bisa menginspirasi, yakni Muhammad Nurul Ashar (alumni yang mendapatkan beasiswa bidikmisi, sekarang sedang menempuh S2 di Australia), Mustakim, M.Pd., (alumi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) yang sekarang menjadi dosen di UNMU Gresik), dan Dian Saiful Adiatama, (alumni Teknologi Pendidikan (TP) yang memiliki pengalaman di bidang pengembang media pembelajaran, Instruktur BLC, diskominfo, dan sekertaris di Korean Association).
Dalam sambutannya, Muhammad Nurul Ashar berharap agar para yudisiawan/wati dapat melanjutkan S2 di luar negeri. Menurutnya, usia 20-an adalah usia yang tepat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Dia juga memberikan informasi tentang keunggulan dan manfaat yang bisa didapatkan jika melanjutkan S2 ke luar negeri. Semua itu disampaikan oleh Ashar semata-mata untuk memancing minat yudisiawan/wati yang hadir agar mau berlomba-lomba meneruskan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, lebih-lebih agar mereka bisa melanjutkan tanpa biaya sendiri karena sudah mendapatkan beasiswa.
Dalam yudisium kali ini, Jurusan Bimbingan Konseling (BK) meluluskan 32 yudisiawan/wati, Jurusan TP meluluskan 50 yudisiawan/wati, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) meluluskan 8 yudisiawan/wati, PLB meluluskan 13 yudisiawan/wati, Jurusan PGSD meluluskan 59 yudisiawan/wati, Jurusan PGPAUD meluluskan 24 yudisiawan/wati, Jurusan Psikologi meluluskan 24 yudisiawan/wati, dan Jurusan Manajemen Pendidikan meluluskan 52 yudisiawan/wati. Selain itu, dari 262 yudisiawan/wati yang hadir, terdapat 10 pemilik IPK terbaik dari setiap jurusan dan 3 terbaik di Fakultas, yakni Trisya Maritaria (PGSD), Mega Suryani (Manajemen Pendidikan) dan Laili Idfi Ulwawiyah ( KTP/Teknologi Pendidikan). Berdasarkan prestasinya tersebut, mereka mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Fakultas. (hasna/ay)