27 June 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Ada yang berbeda di Fakultas Bahasa dan Seni kemarin, (26/07), terdapat sejumlah turis berkunjung menuju ke tempat Laboratorium Karawitan Jurusan Bahasa Daerah. Mereka merupakan anggota rombongan mahasiswa asing yang tengah mengikuti Summer Program yang bertemakan East Java Exsploration yang merupakan kerja sama Pemprov Jatim dengan pemerintahan Australia.
Tidak hanya mengenal lingkungan sekitar Unesa, mereka juga diajak untuk memainkan alat musik tradisional jawa. Mereka tampak kagum dengan alunan nada-nada jawa yang dialunkan oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Daerah. Tak hanya itu antusias mereka terlihat ketika mencoba memainkan alat musik. Sedikit aneh suara yang dihasilkan akan tetapi mereka sangat menikmati.
Setelah mencoba memainkan alat musik, mereka diberikan beberapa materi terkait menggunakan bahasa Indonesia dan mencoba untuk memasak khas Indonesia seperti soto betawi, bir pletok dan kue nagasari. Menurut mereka ini adalah pengalaman berharga karena telah menikmati budaya yang ada di Indonesia.
Menurut George Louise Lander dari Edith Cowan University mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki banyak budaya yang unik. Baginya ini adalah pengalamannya yang berkesan selama di Indonesia. Ia juga sangat senang dengan keramahan orang Indonesia serta menikmati pembelajaran terkait budaya Indonesia. (Why)