19 June 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Pascasarjana Unesa gelar halal bihalal dengan tema “Jadikan Halal Bihalal sebagai Sarana untuk Saling Memaafkan, Memperkokoh Hubungan Silaturahim dan Kebersamaan”, (18/6). Kegiatan ini diselenggarakan di lantai 1 Gedung CPD, Kampus Lidah Wetan Surabaya.
Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan dengan sambutan Direktur Pascasarjana, Dr. Edy Mintarto, M.Kes. Dalam sambutannya, Edy menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam terselenggarakannya acara halal bihalal ini. Selain itu, Edy juga meminta dukungan dari para pimpinan terdahulu dalam menjalankan amanahnya sebagai Direktur Pascasarjana. “Mohon kepada bapak dan ibu senior di Pasca sarjana ini untuk memberikan masukan, kenapa? karena kami masih banyak kekurangan dan butuh banyak belajar lagi, serta untuk sarana dan prasarana akan kami tingkatkan, mengingat gedung ini baru, dan mohon doa restu bapak dan ibu, mudah-mudahan kami bisa membesarkan nama Pascasarjana Unesa,” ujar Edy.
Seusai sambutan, kegiatan diisi dengan ceramah agama oleh KH. Muhammad Qosyim. Ustaz Qosyim menyampaikan esensi halal bihalal yang mana dari “salah” itu bisa memberikan musibah, sementara “maaf” akan memberikan berkah. Maka, halal bihalal ini merupakan ajang untuk menghapus kesalahan dengan saling memaafkan yang dilandasi rasa ikhlas, tidak ada lagi kebencian yang terpendam. “Nabi Muhammad itu kalau minta maaf ke istrinya sampai 7 kali, tujuanya agar tercipta hubungan yang harmonis. Mudah-mudahan semua amal dan ibadah puasa kita diterima oleh Allah, serta sehat hartanya, sehat keluarganya, dan diberikan keturunan yang sholeh-sholehah amin,” tutur Ustaz Qosyim.
Kegiatan ini tampak meriah dengan diiringi hiburan elektone, pembagian doorprize, dan juga kehadiran para tamu undangan, diantaranya Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd., Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana periode 2017 s.d. 2018, Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd., Wakil Direktur 1, Dr. Abadi, M.Sc., Wakil Direktur 2, Prof. Dr. Dewie Tri Wijayanti Wardoyo, M.Si., jajaran pimpinan beserta staf Pascasarjana, Kaprodi S-2, Kaprodi S-3, Dosen, Tendik, perwakilan dari Bank BNI, Bank BTN, dan juga Cleaning Service.(tni/ay)