29 May 2019


Unesa.ac.id, Surabaya-- Riset tentang pendidikan inklusif membuat Sujarwanto meraih gelar doktor pendidikan pada Program Studi Manajemen Pendidikan, PPs Universitas Negeri Surabaya, (28/5).
Di depan dewan penguji dan disaksikan puluhan undangan, Sujarwanto yang juga Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama itu berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Perilaku Organisasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Perguruan Tingggi (Studi Multikasus di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)".
Menurut Sujarwanto, riset pendidikan inklusif urgen dilakukan. Tujuannya, mendeskripsikan dan menganalisis pola perilaku organisasi tingkat mikro, meso, makro dan dampaknya dalam penyelenggaraan pendidikan di dua perguruan tinggi tersebut.
Riset setahun itu membuahkan 4 temuan. Pertama, pola perilaku organisasi mikro yang berkembang disetiap individu sivitas akademika di dua PT meliputi motivasi keikhlasan dan aktualisasi diri, persepsi selektif, emosi stabil, kepribadian ekstraversi, kepuasan kerja positif yang berkontribusi positif pada lembaga.
Kedua, pola perilaku organisasi meso menunjukkan interaksi antar individu/kelompok komunikasi persuasif, harmonis, kerja tim yang kolaboratif saling melengkapi dan kepemimpinan transformasional.
Ketiga, pola perilaku organisasi makro yang ditunjukkan pemegang kebijakan tingkat fakultas dan universitas yang mencakup kekuasaan yang bijak, toleran, dan perilaku politik tanpa 'beban dan syarat'.
Keempat, dampak yang dirasakan dari pola perilaku organisasi adalah kondisi psikologis dan mental yang kuat, hubungan yang harmonis, dan situasi yang kondusif serta nyaman dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.
Lebih lanjut, menurut Sujarwanto, semua pola perilaku organisasi mikro, meso, dan makro mampu membentuk sosok pribadi yang toleran, agamis, dan logis, menciptakan hubungan yang harmonis antar individu atau kelompok melalui interaksi yang dibangun, dan menanamkan kesadaran dalam praktik kekuasaan dan perilaku politik untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif dengan memberikan pelayanan yang ramah kepada mahasiswa disabilitas.
Ujian berlangsung dengan lancar, hingga dewan penguji yang diketuai Direktur PPs Unesa, Dr. Edy Mintarto, M.Kes, menyatakan kelulusan Sujarwanto dengan predikat 'pujian'. Selamat dan sukses untuk Dr. Sujarwanto, M.Pd. Selamat mengabdikan ilmu bagi sesama. (mk)